Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Pemerintahan

Angka Kemiskinan di Sulut, Wagub Kandouw Tegaskan Hanya Mempercayai Data BPS

×

Angka Kemiskinan di Sulut, Wagub Kandouw Tegaskan Hanya Mempercayai Data BPS

Sebarkan artikel ini

manadoterkini.com, SULUT – Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw menegaskan hanya mempercayai data-data terkait ekonomi dan sosial di Sulawesi Utara hanya dari pihak Badan Pusat Statistik (BPS).

Hal itu disampaikan Steven Kandouw pada Rapat Koordinasi Daerah Provinsi Sulawesi Utara Pendataan Awal Registrasi Sosial Ekonomi Tahun 2022 di Hotel Aryaduta, Rabu (14/9/2022) yang diselenggarakan

oleh BPS dengan tema Mencatat Untuk Membangun Negeri. Satu Data Program Perlindungan Sosial Dan Pemberdayaan Masyarakat.

Dalam sambutannya, Kandouw menganalogikan ibarat dalam berperang untuk menghadapi musuh, satu hal yang penting adalah mengenali musuh.

Ini dianalogikan Steven Kandouw sebagai strategi dan upaya pemerintah dalam memerangi kemiskinan.

“Dalam memerangi musuh kita, yaitu kemiskinan, kita harus tahu datanya,” katanya.

Steven Kandouw juga menegaskan pihaknya menjadi garda terdepan untuk mendukung peran Badan Pusat Statistik Sulut dalam melakukan pendataan.

“Saya orang yang paling getol selalu berpikir selalu mengedepankan data. Saya paling getol sangat tidak percaya dengan data-data diluar yang di declare oleh BPS,” tegasnya.

Ia pun menentang ego sektoral yang sering ditemui pada berbagai kelembagaan.

“Semua kementerian, semua stakeholder maunya punya data masing-masing,” tutur Kandouw.

Hal ini menurut Kandouw sama dengan yang terjadi di pemerintah daerah, baik di Provinsi maupun di kabupaten kota.

“Malah ada yang hobi, kalau bisa dibanyak-banyakin kenapa dikurang-kurangi datanya. Kalau bisa dibanyak-banyakin penerimaan BLTnya kenapa dikurang-kurangin, kan bukan duit kita katanya,” jelas Kandouw.

Pada kesempatan itu juga Wagub Steven Kandouw membuka pelaksanaan Rakorda yang dilaksanakan oleh BPS Sulut.

Hadir pada kesempatan itu, Deputi Bidang Neraca dan Analisis Statistik, Moh Edy Mahmud, SSi MP, Kepala BPS Sulut Asim Saputra SST MEcDev, Forkopimda,  Kepala Bappeda Sulut, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Kepala Disdukcapil. (Rizath)