Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Ekonomi dan BisnisPolitik

Bangun Ekosistem UMKM, Ketua GARPU Sulut : Kita wajib rangkul semua

×

Bangun Ekosistem UMKM, Ketua GARPU Sulut : Kita wajib rangkul semua

Sebarkan artikel ini

GERPU sulutmanadoterkini.com, MANADO – “Kita wajib akan rangkul semua”. Demikian diungkapkan Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Gerakan Restorasi (DPW) GARPU Sulut, Stevi Mait.

Mait menegaskan Gerakan Restorasi Pedagang dan Usaha Mikro, Kecil, Menengah (GARPU) merupakan sebuah komunitas yang bergerak dibidang pedagang dan UMKM, yang bertujuan untuk mengedepankan masyarakat yang adil, makmur, dan sejahtera sebagaimana yang diamanatkan dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

“Gerakan Perubahan (Restorasi) Partai NasDem adalah sebuah gerakan yang perlu dipegang teguh, dijaga, dirawat, dibudidayakan, dan dikembangkan. Karena sasaran program GARPU tidak hanya ke seluruh pengurus tapi juga kepada non-pengurus yaitu ke masyarakat, pedagang dan pelaku UMKM sebagai penopang perekonomian negara,” tegas Mait.

Stevi Mait pun mengatakan, telah menyiapkan langkah awal langsung dengan turun melakukan konsolidasi ke pengurus di 15 kabupaten kota Sulut.

Dia menilai langkah tersebut sangat penting agar GARPU Sulut mampu berjalan bersama tanpa peduli berapa jauh dan beratnya tantangan.

Seiring konsolidasi, langsung fokus pada membangun ekosistem yang bersinergi dan berkelanjutan.

“Kita lakukan restorasi UMKM dari hulu ke hilir. Misalnya, bahan baku mentah yang tidak bisa diekspor, seperti ikan, GARPU bantu agar dijadikan berbagai produk turunan yang bernilai ekonomis seperti kerupuk, bakso dan sebagainya. Begitu juga jika UMKM belum mendapat pilihan pasti terkait kemasan produk dan urusan administrasi lainnya, dari GARPU Sulut siap turun tangan mengurai persoalan,” jelas Mait, Minggu (19/09/2022).

Tentunya lanjut Mait, GARPU Sulut bersinergi tentang bagaimana membuat bisnis UMKM mampu meningkatkan transaksinya dengan menghadirkan pembeli.

“Jadi tidak hanya sekedar melaksanakan pelatihan tapi bagaimana itu diaplikasikan dalam ekosistem bisnis agar dari hulu ke hilir ini jalan dengan baik dan berkelanjutan. Dengan era sekarang, program yang akan dilaksanakan demi kemajuan UMKM di Sulut harus mempercepat digitalisasi UMKM,” bebernya.

GARPU yang bernaung langsung di dalam Partai Nasional Demokrat (NasDem) bertujuan untuk memperjuangkan maupun mengadvokasikan harapan-harapan atau aspirasi-aspirasi para pedagang maupun pelaku UMKM yang selama ini kurang terperhatikan oleh pemerintah maupun stakeholder lainnya.

Diketahui, Stevi Mait resmi sebagai Ketua ditegaskan dalam Surat Keputusan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) GARPU Nomor: 025-KPTS-PW/DPP-GARPU/VII/2022 dan ditandatangani oleh Ketua Umum GARPU Pietra Machreza Paloh dan Sekretaris Umum Husendro SH MH, di Jakarta pada 25 Juli 2022. (*/malz)