Olly Dondokambey Ucapkan Selamat Kepada Pengurus IWO Sulut

sulutmanadoterkini.com, SULUT – Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey menyampaikan selamat kepada pengurus Wilayah Ikatan Wartawan Online (IWO) Sulut yang baru dilantik pada Senin, (17/10/2022) di Benteng Moraya Kabupaten Minahasa dalam rangkaian kegiatan Pelantikan dan Rapat Kerja I Ikatan Wartawan Online (IWO) Se- Sulawesi Utara.

Ucapan selamat itu disampaikan Gubernur Sulut yang diwakili Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Sekretariat Daerah Provinsi Sulawesi Utara Weldie Ruddy Poly, SP, MA.

“Sehubungan dengan itu, Saya atas nama Pemerintah Sulawesi Utara, menyampaikan selamat menjalankan kepercayaan kepada Pengurus Wilayah IWO Provinsi Sulawesi Utara dan Pengurus Daerah IWO Kota/Kabupaten yang hari ini dilantik. Kiranya, Pengurus dapat menunaikan tugas dan tanggung jawab dengan baik, sebagaimana mestinya, selalu dibingkai dengan totalitas pemberian diri dan pengabdian bagi eksistensi organisasi, juga tekad yang kuat untuk berkontribusi bagi pembangunan daerah di Provinsi Sulawesi Utara,” jelas Weldie yang membacakan sambutan Gubernur Sulut.

“Selanjutnya, Saya menyampaikan selamat melaksanakan Rapat Kerja I kepada Pengurus. Terima kasih atas rintisan karya yang selama ini telah dilakukan dan diupayakan, untuk ikut memberi dukungan terhadap pembangunan di daerah Bumi Nyiur Melambai,” katanya.

Gubernur juga mengatakan bahwa wartawan mempunyai peran besar dalam kehidupan bermasyarakat dan berbangsa, dalam hal mengedukasi masyarakat.

Wartawan sebagai garda terdepan senantiasa diharapkan dalam memberikan informasi terpercaya dan akurat kepada masyarakat, sehingga masyarakat paham apa yang harus dilakukan.

“Di masa sekarang, peran wartawan semakin diharapkan profesional, menggugah, mengajak masyarakat untuk bisa pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat. Wartawan diharapkan pula menyebarkan program serta kegiatan-kegiatan pemerintahan dan pembangunan yang dilakukan pemerintah, sehingga pemerintah senantiasa menantikan jalinan sinergitas yang positif dari wartawan,” tutur Poly.

Lebih lanjut, Poly menambahkan peran organisasi yang menghimpun wartawan kemudian juga senantiasa eksis dalam menghadirkan wartawan berintegritas dan terpercaya, yang dampaknya dapat membuat masyarakat bisa mencerna sebuah berita dengan baik, menghadirkan berita-berita yang baik, mudah dipahami dan dapat dipercaya.

“IWO di daerah harus terus punya andil besar dalam mengedukasi masyarakat di daerah, mendukung Pemerintah Daerah dalam penyebaran informasi kepada masyarakat, termasuk memberikan informasi aktual isu-isu yang berkembang di tengah masyarakat, dalam era digitalisasi kini,” tegasnya.

Poly menambahkan Pelaksanaan acara Rapat Kerja I ini, menjadi penting untuk dilaksanakan, diikuti dan dioptimalkan bersama, terlebih oleh Pengurus yang baru dilantik, karena pasti akan menyelaraskan dan menyatukan arah Pengurus IWO di Provinsi Sulawesi Utara, dalam konteks semakin mantapnya eksistensi IWO kedepan.

“Berbagai ekspektasi turut diharapkan dalam rangkaian acara ini, antara lain: Hadirnya program dan agenda kerja IWO di Provinsi Sulawesi Utara, yang semakin konstruktif; Terciptanya hubungan kemitraan multipihak yang semakin solutif, menjawab kebutuhan dan harapan, dengan pentahelix. Dengan begitu semakin kokohnya struktur kepengurusan IWO di Provinsi Sulawesi Utara; Semakin kuatnya persatuan diantara IWO di Provinsi Sulawesi Utara, dalam mengisi ruang pembangunan daerah dan bangsa di berbagai aspek; serta semakin sinergisnya langkah, pemahaman dan visi dari segenap komponen IWO di Provinsi Sulawesi Utara.”

“Saya berharap, kita semua akan terus bersinergi dalam kemajuan bangsa dan daerah Sulawesi Utara. Kita pahami bahwa kita memiliki tugas dan tanggung jawab yang sama dengan peran dan lakon yang berbeda. Dengan semangat “Bangkit Bersama”, mari kita berperan optimal, melanjutkan cita-cita pembangunan bangsa dan daerah. Jika ada diantara kita yang terjatuh, terdiam dan kurang bersemangat
mari kita julurkan tangan kita, untuk bersama-sama bangkit, menjadi SDM-SDM yang bijak, dan selalu berkeinginan untuk membuat kemajuan dan meningkatkan kesejahteraan,” tutup Poly.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Umum IWO Jodhi Yudono meminta kepada wartawan anggota IWO agar dalam pemberitaan bersikap adil, alias tidak memihak.

‘’Wartawan, terutama yang menjadi anggota IWO dalam pemberitaannya harus bersikap adil dan tidak memihak dan memperhatikan kode etik jurnalistik,’’ kata Jodhi.

Oleh karena itu, wartawan senior itu meminta agar memberitakan yang benar dan jangan hanya sepihak. Jika sudah memberitakan yang benar, tentunya akan terhindar dari masalah.

Memang lanjutnya, IWO memiliki Lembaga Bantuan Hukum (LBH) yang fungsinya melindungi dan memberi bantuan hukum bagi anggota yang bermasalah dalam pemberitaan yang dikepalai Sandy Najoan. Meski begitu, ia meminta agar sedapatnya menghindar dari hal-hal yang bisa berakibat pada masalah hukum.

IWO adalah bagian dari gerakan budaya. Membangun peradaban dan kemanusiaan. Bangun ahlak yang baik. Diri kita memiliki kasih sayang, tutup Jodhi Yudono. (Rizath)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.