Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Berita PilihanLiputan KhususPemerintahan

Olly Dondokambey Terima Penghargaan Kepala Daerah Terbaik Pendukung Ekspor dari Jokowi

×

Olly Dondokambey Terima Penghargaan Kepala Daerah Terbaik Pendukung Ekspor dari Jokowi

Sebarkan artikel ini

manadoterkini.com, BANTEN – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) memberikan penghargaan Primaniyarta tahun 2022 kepada Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey, sebagai kepala daerah terbaik pendukung Ekspor.

Keberhasilan ini tak lepas dari berbagai trobosan yang dilakukan oleh Gubernur Sulut Olly Dondokambey dan Wagub Steven Kandouw guna meningkatkan perekonomian di daerah Sulut, khususnya di bidang Ekspor perikanan dan pertanian, dalam kurun waktu lima tahun terakhir.

Penghargaan ini juga diberikan atas peran Gubernur Olly Dondokambey mewujudkan Direct Call Eskpor Hasil Perikanan Rute Penerbangan Manado-Jepang. Ekspor langsung ke Jepang pertama kali diluncurkan sejak 23 september 2019. Rutin dilakukan setiap pekan.

Penghargaan itu Diserahkan Jokowi melalui Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan pada momen Pembukaan Trade Expo Indonesia (TEI) ke-37 dirangkaikan dengan Pemberian Penghargaan Primaniyarta 2022, di Trade Expo Indonesia (TEI) ke-37 di Hall Nusantara, Indonesia Convention Exhibition (ICE), Tangerang, Banten, Rabu (19/10/2022).

sulutSejak pertama kali diluncurkan sampai dengan 16 Juni 2021 tercatat volume sebesar 599,7 Ton dengan devisa yang diperoleh mencapai USD 5.155.536,65.

Komoditas yang diangkut berupa ikan tuna dan rempah-rempah yang berasal dari beberapa daerah diantaranya Jakarta, Gorontalo, Maluku dan Makassar.

sulutTerealisasinya direct call ekspor ini merupakan keberhasilan sinergi dan kolaborasi dengan berbagai instansi antara lain Pemerintah Daerah Sulut, Instansi vertikal di daerah, BUMN, asosiasi dan para pengusaha ekspor.

Sempat terhenti sejenak Direct Call Ekspor ke Jepang kembali dibuka, Rabu (2/2/2022). Pemerintah juga menerapkan kebijakan subsidi jika kargo di bawah 20 ton.

sulutDirect Call ekspor yang telah berlangsung pada hari Rabu malam tersebut merupakan kegiatan pelepasan ekspor yang perdana pada tahun 2022 ini setelah vakum beberapa bulan, tepatnya direct call ekspor terakhir dilaksanakan pada Bulan November tahun 2021. (Advetorial Diskominfo Sulut)