Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Berita PilihanPemerintahan

Optimalkan Program OD-SK “Marijo Ba Kobong”, Disbunda Sulut Bagikan Bibit Genja Kuning Nias

×

Optimalkan Program OD-SK “Marijo Ba Kobong”, Disbunda Sulut Bagikan Bibit Genja Kuning Nias

Sebarkan artikel ini

sulutmanadoterkini.com, SULUT – Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw (OD-SK), terus mengoptimalkan program ‘Marijo Ba Kobong’ lewat pemberian bantuan – bantuan bibit pohon bagi para petani yang ada di 15 kabupaten/kota di Sulut melalui Dinas Perkebunan Daerah (Disbunda) Sulut.

Kepala Dinas Perkebunan Sulut, Ir Yeiitij Roring, melakukan pengecekan keberadaan bibit kelapa unggulan Genja Kuning Nias (GKN) yang nantinya akan dibagikan kepada masyarakat.

Menurut Roring pengecekan ini menjadi keharusan dalam mempersiapkan bibit-bibit unggulan.

“Setelah dicek keberadaan, mutu dan kualitas baru akan dilakukan disertifikasi, dan ini sangat penting sebagai suatu persyaratan teknis setiap tanaman perkebunan sebelum disalurkan, harus sesuai dengan SOP (standar operasional prosedur) tanaman,” jelas Roring.

Adapun Kelapa GKN saat ini makin populer sejak petani dan stakeholder lainnya mulai mencari kelapa yang berbatang pendek, cepat berbuah, dan produksi tinggi.

Dengan pemanfaatan kelapa GKN ditujukan terutama untuk produk gula kelapa, kelapa muda, dan kelapa sayur. Apalagi pekebun kelapa termasuk untuk gula kelapa mulai beralih menanam jenis kelapa Genjah dan permintaan akan bibit kelapa Genjah meningkat tajam. (*/Rizath)