Jokowi Resmikan Bendungan Kuwil di Minahasa Utara Senilai 1.9 Triliun

kuwilmanadoterkini.com, SULUT – Presiden Ir Joko Widodo (Jokowi), Kamis (10/1/2023) meresmikan Bendungan Kuwil Kawangkoan di Kecamatan Kalawat Kabupaten Minahasa Utara (Minut) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut)

Menurut data dari Kementerian PU, pembangunan Bendungan Kuwil-Kawangkoan ini menelan anggaran Rp1,9 triliun dan dibangun sejak tahun 2016. Kapasitas tampung mencapai 26 juta meter kubik dengan luas genangan 157 hektar.

“Bendungan Kuwil Kawangkoan dibangun sejak 2016. Artinya, sudah 5,5 tahun dibangun dengan anggaran Rp1,9 triliun rupiah,” kata Jokowi.

sulutSeperti diketahui pada tahun 2014, banjir bandang melanda Kota Manado di Sulawesi Utara. Dua tahun kemudian yakni 2016, pemerintah mulai membangun Bendungan Kuwil Kawangkoan di Kabupaten Minahasa Utara. Lokasinya di atas Kota Manado sehingga diharapkan mereduksi potensi banjir ke ibu kota Sulawesi Utara itu.

“Hari ini, Bendungan Kuwil Kawangkoan telah selesai dibangun dan saya resmikan. Selain mengurangi banjir, bendungan dengan luas genangan 157 hektare ini bisa juga untuk pembangkit listrik, pertanian, dan sebagai destinasi wisata,” jelas Jokowi.

Adapun pembangunannya, dikerjakan PT Wijaya Karya (Persero) Tbk-DMT (KSO), paket dua dikerjakan oleh PT Nindya Karya (Persero), dan paket ketiga dikerjakan oleh PT Wijaya Karya (Persero) Tbk-PT Nindya Karya (Persero) (KSO). (*/Rizath)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.