Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Politik

KPU Sulut Apresiasi Polda Sulut Bentuk Duta Sulut Aman Tangkal Hoax, Ekstrimisme dan Politik Identitas

×

KPU Sulut Apresiasi Polda Sulut Bentuk Duta Sulut Aman Tangkal Hoax, Ekstrimisme dan Politik Identitas

Sebarkan artikel ini

KPU sulutmanadoterkini.com, SULUT – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Utara (Sulut), Meidy Tinangon mengapresiasi gebrakan Polda Sulut melalui Ditintelkam yang melaksanakan hajatan Pencanangan Duta Sulut Aman: Tangkal Hoax, dan Ekstrimisme serta Politik Identitas” di Hotel Mercure Tateli, Kamis (23/2/2023).

Langkah Polda Sulut dengan merekrut kaum muda sebagai agent of change dalam upaya menangkal hoax, ekstrimisme dan politik identitas, menurut Tinangon bertalian dengan upaya yang digaungkan KPU yaitu mewujudkan pemilu sebagai sarana integrasi bangsa.

“Pemilu sebagai sarana integrasi bangsa menghendaki sebuah proses demokrasi elektoral yang aman, bebas dari berita bohong, anarkisme dan berbagai hal yang dapat menyebabkan polarisasi di antara sesama komponen anak bangsa,” jelas Tinangon.

Menurut Tinangon berdasarkan pengalaman Pemilu 2019, hoax dalam penyelenggaraan pemilu di masa kampanye seringkali ditemukan bahkan mengarah pada ujaran kebencian atau hate speech.

“Kami sangat terbantu dengan kegiatan ini, dimana Polda Sulut telah menghimpun kaum muda yang notabene juga adalah pemilih pemuda atau pemilih pemula yang sangat akrab dengan media sosial. Mereka dapat diandalkan untuk membentuk opini dan memengaruhi perilaku bermedsos yang baik,” tutur Tinangon.

Tinangon menyampaikan terima kasih kepada Kapolda Sulut dan jajaran yang telah menginisiasi kegiatan. Kedepan personil Duta Sulut Aman dapat dilibatkan dalam sosialisasi pemilu.

Dalam kegiatan tersebut Ketua KPU Sulut, Meidy Tinangon turut serta menanda tangani Ikrar Sulut Aman: Tangkal Hoax, Ekstimisme dan Politik Identitas. (*/Rizath)