Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Pemerintahan

Cegah Inflasi, Pemprov Sulut Sidak Pasar

×

Cegah Inflasi, Pemprov Sulut Sidak Pasar

Sebarkan artikel ini

sulutmanadoterkini.com, SULUT – Menjelang Hari Raya Idul Fitri 2023, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut) mulai menyiapkan beberapa strategi untuk mencegah terjadinya inflasi.

Salah satu yang akan dilakukan Pemprov Sulut dalam waktu dekat adalah inspeksi mendadak (Sidak) beberapa pasar di Bumi Nyiur Melambai, untuk memastikan harga bahan pokok (bapok) serta ketersediaan.

Gubernur Sulut Olly Dondokambey (OD) sebelumnya telah meminta agar semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) menjaga inflasi agar tidak tinggi, jelang Idul Fitri 2023.

“Bersama Forkopimda telah sepakat untuk menjaga inflasi. Memang di awal tahun 2023, terjadi inflasi yang terbilang tinggi, diakibatkan oleh salah satu komoditi di Sulut, yakni beras, karena banyaknya petani yang gagal panen. Hal ini mengakibatkan inflasi terjadi,” jelas Olly.

Namun, lanjut Olly bahwa di bulan Februari sepertinya tidak demikian. Kendati diperkirakan mulai normal, namun Olly meminta untuk tetap menjaga inflasi.

Sementara itu Kepala Biro Ekonomi dan SDA Pemprov Sulut Lukman Lapadengan, Selasa (28/2/2023) mengatakan bahwa Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Sulut sudah lebih intens menggelar pertemuan, dengan pemerintah pusat.

“Jadi rapat digelar selang dua pekan. Namun kini, rapat rutin dilaksanakan tiap awal pekan. Ini sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjaga inflasi jangan naik. Setiap Senin, saya mendengar instruksi dari pusat,” jelas Lapadengan.

Pihaknya juga terus berkoordinir dengan Bank Indonesia (BI) dan stakeholder lainnya untuk turun lapangan mengecek stabilitas harga bapok di Kota Manado.

“Namanya sidak berarti tak akan diberitahu, jika ini bocor kapan waktunya pasti orang di pasar akan memainkan harganya. Yang pasti dalam waktu dekat, kita akan melakukan sidak. Tidak ada kata lain, ini salah satu strategi yang kita siapkan untuk mengontrol harga bapok,” bebernya. (*/Rizath)