Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Pemerintahan

Lalu Lintas Ternak di Pos Perbatasan Sulut Dijaga Ketat

×

Lalu Lintas Ternak di Pos Perbatasan Sulut Dijaga Ketat

Sebarkan artikel ini

sulutmanadoterkini.com, SULUT – Wakil Gubernur Sulawesi Utara Steven Kandouw menegaskan pihaknya terus melakukan pengawasan yang ketat terhadap lalu lintas ternak yang masuk ke Sulut.

Salah satu Pos Check Poin adalah di Kecamatan Pinogaluman, Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmut), sebagai Antisipasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) dan pencegah penyebaran penyakit African Swine Fever (ASF) atau demam babi.

Penegasan tersebut disampaikan Wagub Steven Kandouw kepada wartawan, Kamis (9/3/2023).

“Dari hasil pemantauan hari ini di Pos Check Point Hewan Tontulow, telah di temukan dua mobil pick up dengan muatan daging babi sebanyak seberat (-/+) 3000 kg dari Provinsi. Sulawesi Tengah dengan tujuan Provinsi Sulut. Dan oleh dinas terkait mobil tersebut disuruh putar balik serta dilarang memasuki Wilayah Provinsi Sulut,” tegas Kandouw.

Dari pihak Polres Bolmut menurut Kandouw selalu berkoordinasi dengan Kepala Dinas Pertanian Dan Perikanan dan Kabid Peternakan kabupaten Bolmut.

Hal ini untuk mengantisipasi bila ada penyakit mulut dan kuku pada hewan ternak yang ditemukan. Dan sampai saat ini kami laporkan belum ada PMK pada hewan ternak yang ditemukan di kabupaten Bolmut,” jelasnya.

Sampai saat ini ada ratusan ternak babi dan sapi yang masuk Sulut terus diantisipasi pihak terkait. (*/Rizath)