Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Pemerintahan

Antisipasi Kebakaran Hutan, Pemprov Himbau Hindari Membuka Lahan Dengan Membakar

×

Antisipasi Kebakaran Hutan, Pemprov Himbau Hindari Membuka Lahan Dengan Membakar

Sebarkan artikel ini

sulutmanadoterkini.com, SULUT – Ancaman kebakaran hutan dan lahan pasca musim kemarau ini, mendapat perhatian khusus Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut) dibawah kepemimpinan Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw (OD-SK).

Pemprov Sulut melalui Kepala Dinas Kehutanan Jemmy Ringkuangan menghimbau agar masyarakat tidak membuka lahan perkebunan dan lahan baru dengan cara membakar.

“Imbauan kepada masyarakat agar menghindari praktik membakar dalam lahan aktivitas pertanian atau perkebunan guna mengantisipasi kerugian serius,” imbau Jemmy Ringkuangan, Jumat (9/6/2023).

“Karena potensi kebakaran dimasa cuaca ekstrem kemarau yang sedang berlangsung ini sangat sensitif dan memicu terjadinya kebakaran hutan yang efeknya dapat merembes ke lahan pertanian perkebunan,” tegas Jemmy Ringkuangan.

Ringkuangan juga meminta pemerintah kabupaten/kota merespon akan musim kemarau yang tengah berjalan ini.

“Kita harus menjaga dan melestarikan alam demi keseimbangan ekosistem dan keberlangsungan hidup kita. Kita juga perlu mengambil langkah-langkah konkret untuk mengurangi emisi gas rumah kaca dan mencegah bencana kebakaran hutan dan lahan,” ujar Ringkuangan.

“Saya mengajak agar seluruh masyarakat Sulawesi Utara kiranya dapat bekerja sama dalam langkah dan upaya kami,” tambah Ringkuangan. (Rizath)