Minggu, 24 Mei 2020

Pemda Pinta KPU Boltim Transparansi Anggaran Pilkada 2015

TUTUYAN, (manadoterkini.com) – Tak lama lagi perhelatan pesta demokrasi di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) akan segera dilaksanakan tahun 2015 tepat pada bulan September. Masyarakat Boltim akan memilih pemimpin (Bupati,red) yang tepat demi kelangsungan kesejahteraan dan pembangunan Boltim kedepan.

Terkait sejumlah pemberitaan di sejumlah media prihal permintaan anggaran pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2015 yang mencapai Rp13,2 Miliar oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Pemerintah Daerah (Pemda) selaku penanggung jawab pilkada, melalui juru bicara dan protokoler Kepala Bagian Hubungan Masyarakat (Humas), Uyun Pangalima mengatakan bahwa hal tersebut akan diupayakan terpenuhi asalkan jelas peruntukkannya.

“Kami akan berusaha untuk memenuhi anggaran yang dimintakan, asalkan anggaran tersebut realistis dan jelas peruntukannya,” terang Pangalima kepada sejumlah wartawan ketika disambangi di ruang kerjanya.

Dirinya mengakui, pada proses pengajuan anggaran, pihak KPU belum pernah melakukan konsultasi dengan pemda dalam hal ini Bupati dan Sekretaris Daerah (Sekda). “Mengenai pengajuan anggaran tersebut, pihak KPU belum pernah melakukan komunikasi dengan kami. Bahkan konsultasi dengan Pak Bupati dan Pak Sekda pun belum dilakukan,” jelasnya.

Menurutnya, jika dibandingkan dengan pilkada 2010 lalu yang hanya menghabiskan anggaran sekisar Rp. 4 M lebih, maka sebenarnya hal ini dapat dimaksimalkan. Sebab beberapa tahapan pilkada katanya, sudah dilakukan oleh pemda.

“Berkaca pada Pilkada 2010 lalu, kita hanya menghabiskan empat miliar lebih, dan karena ada beberapa kegiatan tentang tahapan pilkada ini sudah dilakukan seperti penganggaran Panwaslu (Panitia Pengawas Pemilu), dan penganggaran pengamanan, maka soal anggaran itu bisa dimaksimalkan,” tuturnya sembari menambahkan tidak usah terlalu berpolemik tentang anggaran tersebut.(ojr)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*