Kamis, 28 Mei 2020

Hingga 2016 Pemkab Boltim Usulkan 439 CPNS

Boltim

Sekda Boltim Muhammad Assagaf

TUTUYAN, (manadoterkini.com) – Walaupun Pemerintah Pusat telah mengeluarkan moratorium rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) kepada seluruh daerah, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Timur (Boltim) tetap mengusulkan formasi CPNS 2015.

Sekretaris Daerah (Sekda) Boltim, Muhammad Assagaf, mengakui akan tetap mengusulkan formasi CPNS 2015, meski Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) telah menyatakan moratorium penerimaan CPNS di seluruh daerah mulai tahun depan. “Memang pada kenyataannya, daerah kita masih membutuhkan pegawai. Belanja pegawai kita saja baru sekitar 30 persen. Hal itu dikarenakan struktur APBD lebih besar belanja publik dibanding belanja aparatur,” kata Assagaf kepada manadoterkini.com, Selasa (2/12).

Menurutnya, moratorium dari Menpan-RB berlaku untuk jalur umum, bukan jalur khusus. Namun kata Assagaf, Pemkab Boltim saat ini telah mengusulkan tambahan sekitar 436 CPNS hingga tahun 2016 mendatang. “Jumlah itu masih disesuaikan juga dengan kebutuhan daerah. Nanti distribusi kebutuhan untuk sementara kita titik beratkan pada formasi guru dan kesehatan,” terang Assagaf.

Selain tenaga guru dan kesehatan, Assagaf mengaku, tenaga teknis seperti jurusan akutansi dan perencanaan merupakan formasi yang paling dibutuhkan. Terlebih lagi, mulai tahun depan pengelolaan Alokasi Dana Desa (ADD) setiap desa butuh tenaga terampil. “Sehingga itu, untuk menunjang program pemerintah pusat kita butuh tenaga akuntansi. Untuk jurusan perencanaan tengah kita pertimbangkan berapa yang dibutuhkan,” tandasnya.(ojr)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*