Kamis, 28 Mei 2020

Hutang Media di Pemkab Boltim Bakal Pengaruhi LHP BPK

TUTUYAN, (manadoterkini.com) – Tahun Anggaran (TA) 2014 ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Timur (Boltim) bakal kembali meninggalkan hutang hingga ratusan juta kepada sejumlah media cetak dan elektronik melalui belanja koran, advetorial dan bener. Ini karena, ketersedian anggaran yang tertata dalam perubahan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) tahun 2014 lewat Bagian Hubungan Masyarakat (Humas) tidak mencukupi untuk melakukan pembayaran kepada media.

Alhasilnya, beberapa wartawan yang melakukan pos liputan di Biro Boltim terpaksa membuat pengaduan ke Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Sulut dengan harapan agar audit terhadap pengelolaan keuangan APBD tahun 2014 oleh BPK nantinya akan digelar awal tahun 2015 mendatang bisa ditindaklanjuti sebelum dikeluarkan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP).

Hal ini akhirnya mendapat tanggapan positif dari salah satu anggota BPK RI Perwakilan Sulut yang juga koordinator auditor, Dadek Nandemar saat dikonfirmasi manadoterkini.com, Rabu (3/12). Ia meminta kepada media yang memiliki hutang di Pemkab Boltim, agar memasukan catatan dan data tentang besarnya hutang yang belum dibayar Pemkab Boltim.

Menanggapi hal ini, Sekretaris Daerah (Sekda) Boltim, Ir. H. Muhamad Assagaf ketika dikonfirmasi mengatakan, sejumlah hutang Pemda kepada media saat ini sedang dipikirkan bersama.

Kata Assagaf, hasil koordinasi ke BPKP, hutang tersebut akan dibayar asalkan memiliki bukti yang jelas. Diantaranya bukti tayang dan media order. “Jadi masalah hutang tersebut sedang dipikirkan,” tandasnya.

Tetapi sayang, Kepala Bagian Hubungan Masyarakat (Humas) Pemkab Boltim Uyun Pangalima,S.Pd, saat dikonfirmasi, malah bentak-bentak dihadapan wartawan.(ojr)

Tags: , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*