Senin, 25 Mei 2020

Pengusaha Sarang Walet di Minsel Abaikan Kewajiban Bayar Pajak

AMURANG, (manadoterkini.com)-Ketaatan untuk membayar pajak, ternyata belum seluruhnya disadari oleh pengusaha yang ada di Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel). Buktinya di Kabupaten Minsel, ada terdapat puluhan pengusaha sarang burung walet yang sama sekali belum memenuhi kewajibannya untuk membayar pajak daerah.

Kepala Dinas DPKPAD Minsel Denny Kaawoan melalui Kabid Pendapatan DPKPAD Minsel, Herry Runtuwene kepada manadoterkini.com mengaku belum pernah menerima pembayaran pajak dari pengusaha sarang burung walet yang beroperasi di wilayah Minsel. Padahal menurut Runtuwene, kalau pajak daerah adalah kewajiban yang harus dibayar oleh pengusaha saat mulai beraktifitas.

” Berdasarkan data yang kami miliki, ada sekitar 10 pengusaha sarang burung walet yang beroperasi di Minsel. Tapi sampai saat ini, dari 10 pengusaha burung walet tersebut belum ada satupun pengusaha yang datang membayar pajak daerah. Padahal pajak daerah adalah salah satu sumber pendapatan untuk pencapaian PAD,” ujar Runtuwene.

Ditambahkannya, pihaknya masih kesulitan untuk melakukan penetapan pajak terhadap pengusaha sarang burung walet, hal ini di karenakan belum ada pengusaha yang mengaku sebagai pemilik sarang burung walet.

” Sampai saat ini, kami belum tahu berapa hasil yang mereka dapat setiap kali menjual sarang walet. Dan nama pemilik usaha belum kami ketahui, karena setiap kali dikunjungi, yang ada ditempat hanya penjaga. Jadi kami mengalami kesulitan untuk melakukan penetapan pajak,” tandasnya.(dav

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*