Senin, 25 Mei 2020

Sekot Bitung Edison Humiang Kuliahi Mahasiswa Unsrat

BITUNG, (manadoterkini.com) – Sekretaris Kota (Sekot) Bitung Drs Edison Humiang MSi menerima kunjungan mahasisiwa Program Magister Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado pada Jumat (5/12) kemarin. Kunjungan tersebut dalam rangka studi lapangan para mahasiswa.

Pertemuan yang digelar di Lantai IV Kantor Walikota Bitung itu, diawali dengan laporan pimpinan rombongan, Herman Karamoy. Dalam penjelasannya, ia mengungkapkan alasan dipilihnya Kota Bitung sebagai tempat studi lapangan ini. “Kami memilih Kota Bitung, karena Bitung merupakan kota terbaik dalam hal penataan keuangan. Buktinya, sudah tiga kali berturut-turut meraih opini WTP,” ujar Karamoy.

Lanjut Karamoy, lewat studi lapangan ini mahasiswa mendapatkan kesempatan terbaik untuk menambah wawasan mereka dalam hal mengelola laporan keuangan yang sesuai dengan prinsip-prinsip akuntansi.

Adapun dalam pemaparannya kepada para mahasiswa, Humiang berbagi ilmu mengenai strategi pengelolaan keuangan Pemkot Bitung. Disampaikannya, prinsip utama dalam mewujudkan laporan keuangan yang akuntabel adalah kejujuran dan integritas. “Soal kemampuan, itu bisa dipelajari dan dengan sendirinya akan terlatih kalau sudah terbiasa. Tapi soal integritas, itu perlu ditanamkan sejak dini dan camkan dalam hati dan pikiran,” ujarnya.

Lanjut Humiang mengatakan, yang tidak kalah penting adalah pemahaman terhadap aturan dan prinsip-prinsip dasar pengelolaan keuangan. “Ini sangat perlu untuk mencegah terjadinya kesalahan yang berujung pada kerugian keuangan maupun proses hukum,” tukasnya.

Secara khusus, Humiang memberi apresiasi dengan studi lapangan yang dilakukan para mahasiswa. Menurutnya, program seperti ini sangat bermanfaat karena para mahasiswa bisa langsung mengaplikasikan pengetahuan yang mereka peroleh. “Saya akan mendoakan para mahasiswa agar sukses menuntaskan pendidikan mereka dan kembali ke pekerjaan masing-masing dengan bekal kemampuan yang sudah terasa,” ungkapnya.(tr1)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*