Senin, 25 Mei 2020

Besok, Walikota Manado Terima Penghargaan LAKIP

manado

Peluncuran e-SAKIP dan e-Monev waktu lalu. (ist)

MANADO, (manadoterkini.com) – Terobosan dan inovasi yang dilakukan Pemkot Manado dibawa kepemimpinan Walikota Dr Godbless Sofcar Vicky Lumentut (GSVL), tak bisa diragukan lagi. Terbukti, Senin (8/12) besok, Walikota pilihan warga Kota Manado itu akan kembali menerima penghargaan LAKIP dari Kementerian Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB).

Dimana Pemkot Manado berhasil melakukan pembenahan dengan terobosan penerapan program System Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP). “Penghargaan LAKIP tersebut rencananya akan diterima langsung Walikota DR, Godbless Sofcar Vicky Lumentut (GSVL), bertempat di Balai Kartini, Jalan Gatot Subroto Jakarta,” ujar juru bicara Pemkot Manado, Franky Mocodompis kepada wartawan.

Ditempat terpisah Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kota Manado, Peter K.B Assa menjelaskan asal mula penerapan System Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) itu adalah Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) yang menurut KemenPAN RB telah diterapkan dengan sangat baik oleh Pemkot Manado.

Diakui Assa bahwa penerapan dan pemanfaatan teknologi informasi melalui SAKIP, telah mampu meningkatkan kinerja seluruh Satuan Kerja Pemerintah Daerah (SKPD) Kota Manado, sehingga bisa menghasilkan pengakuan dari KemenPAN RB dengan memberikan penghargaan LAKIP untuk Pemkot Manado.

“Pemanfaatan teknologi informasi melalui aplikasi SAKIP telah mampu meningkatkan kinerja SKPD. Dimana semua data renstra dan capaian triwulanan baik kinerja maupun serapan dana seluruh SKPD, Dinas, Badan, Bagian, hingga di tingkat Kecamatan dan Kelurahan. Semuanya sudah dapat dientry, diakses dan dievaluasi secara terintegrasi baik oleh SKPD maupun oleh tim monev, bahkan bisa dimonitor oleh masyarakat. Inilah yang membuat KemenPAN RB memberi nilai tertinggi LAKIP untuk Kota Manado,”urai Assa.

Ditambahkannya dengan aplikasi SAKIP, semua SKPD mau tidak mau harus membuat laporan secara kontinyu dan tepat pada waktu yang telah dijadwalkan. “Karena kalau tidak maka dalam Rakorev e-Monev akan tergambar secara transparan,mana SKPD yang bekerja optimal dan mana yang tidak bekerja secara optimal,”pungkas Assa seraya menambahkan penghargaan LAKIP yang diraih oleh Pemkot Manado saat ini, tergolong satu penghargaan yang spektakuler dan prestisius.

Diketahui Pemkot Manado pada tahun sebelumnya, satu-satunya dari 15 Kabupaten/Kota di Sulawesi Utara yang meraih Nilai tertinggi LAKIP. Untuk seluruh Kabupaten/Kota di Indonesia hanya ada Sukabumi, Sleman dan Kabupaten Badung serta Pemkot Manado yang memiliki nilai tertinggi Kalsifikasi B.(ald)

Tags: , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*