Rabu, 3 Juni 2020

Pemkab Minsel Siap Terapkan SAP Berbasis Akrual/

AMURANG, (manadoterkini.com) – Bupati Minahasa Selatan (Minsel) Christiany Eugenia Paruntu SE mengisyaratkan bahwa Pemkab Minsel siap menerapkan Sistem Akuntansi Pemerintah (SAP) berbasis akrual pada 2015 mendatang. Hal ini dikatakan Bupati usai mengikuti sosialisasi Implementasi akuntansi berbasis akrual dan Implikasi terhadap LKPD tahun 2015 yang dilaksanakan di Gedung Graha Gubernuran H.V Worang pada Senin (8/12).

Istri tercinta dari Kristovorus Deky Palinggi ini mengatakan, kegiatan sosialisasi ini sangat penting sebagai salah satu wujud untuk merumuskan dan melaksanakan langkah-langkah secara kongkrit guna menuju sasaran yang diinginkan, yakni Go Akrual 2015. “Kegiatan sosialisasi ini adalah forum yang baik bagi kita dalam mewujudkan pengelolaan keuangan daerah yang berkualitas dan akuntabel. Pengelolaan keuangan daerah yang baik merupakan unsur utama dalam upaya untuk mencapai tujuan penyelenggaraan pemerintahan yang baik,” ujarnya.

Dia menambahkan, akhir-akhir ini, kualitas laporan pertanggungjawaban keuangan Pemkab Minsel mengalami perbaikan yang berarti, hal ini telah dibuktikan dengan keberhasilan Pemkab Minsel yang mendapatkan opini tidak wajar dari BPK-RI, atas LKPD Tahun 2013.

Namun, opini tersebut meskipun WTP bukanlah tujuan akhir, tetapi hanya sasaran untuk mencapai good governance dalam pengelolaan keuangan pemerintah daerah. Karena menurut Dia, tidak ada jaminan pemerintah daerah yang memperoleh opini WTP telah benar-benar terbebas dari praktek-praktek KKN. “Dalam waktu dua bulan lagi, saya minta Kepala DPKPAD untuk terus mengkoordinasikan persiapan penerapan akuntansi berbasis akrual ini. Dan seluruh Kepala SKPD agar menginstruksikan seluruh jajaran di bawahnya untuk menyiapkan langkah-langkah dalam meimplementasikan akuntansi berbasis akrual dengan sebaik-baiknya,” tandasnya.

Adapun tujuan dari sosialisasi yang diikuti langsung dirinya dan Sekdakab Minsel serta instansi terkait. Lanjut Tetty, dapat memberikan masukan dan pengetahuan yang berharga dalam usaha perbaikan untuk peningkatan transparansi dan akuntabilitas atas penyusunan laporan keuangan SKPD sebagai entitas akuntansi.(dav)

Tags: , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*