Senin, 25 Mei 2020

Pemkab Boltim Terkesan tak Dukung Pilkada Langsung

TUTUYAN, (manadoterkini.com) – Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) secara langsung yang akan dilaksanakan pada tahun 2015 mendatang di Kabupaten Bolaaang Mongondow Timur (Boltim) terkesan tidak didukung Pemkab Boltim. Buktinya, anggaran tahapan Pilkada Boltim yang diusulkan Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Boltim sebesar Rp 13,2 Miliar tidak disetujui. Justru sebaliknya, Pemkab hanya menyanggupi Rp 6,5 Miliar saja.

Dikatakan Ketua KPUD Boltim, Hendra Damopolii,SE kepada manadoterkini.com, Jumat (12/12), jika Pemda hanya mengalokasikan anggaran sebesar itu, maka dapat dipastikan tahapan pelaksanaan Pilkada langsung di Boltim tidak maksimal.

Menurutnya, hasil hitungan KPU, untuk biaya operasional Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) saja mencapai Rp 5 Miliar lebih. Belum lagi anggaran lainnya seperti sosialisasi dan logistik. “Jadi sangat rasional dana Pilkada Boltim Rp 13,2 Miliar,” ujarnya.

Lebih lanjut diungkapkan Hendra, pihak Pemkab juga tidak pernah melibatkan KPUD ketika membahas anggaran Pilkada. Sehingga, penetapan anggaranya hanya sepihak dan tidak rasional. Disisi lain, anggaran Pilkada yang dianggap Pemda Boltim, 40 persen ditanggung Pemerintah Provinsi (Pemprov) dan 60 Persen ditanggung Pemda adalah keliru. “Yang dimaksud 40-60 tersebut hanya untuk honorarius PPK dan PPS. 40 persen dibiayai Provinsi, 60 persen dibiayai Kabupaten. Bukan dilihat untuk semua tahapan Pilkada,” pungkasnya.

Karena itu, menurut Hendra, dengan kondisi anggaran Pilkada Boltim yang akan dimulai bulan Januari tahun 2015 mendatang, KPU hanya melaksanakan sesuai dengan kondisi anggaran yang ada. “Jika tidak maksimal tentu jangan salahkan KPU,” sentilnya.

Ditempat terpisah, tambah Sekretaris KPUD Boltim Arfan Palima,S.Hut, disaat tahapan Pilkada berjalan, pihak KPU akan terus berkoordinasi dengan Pemda terkait kondisi anggaran. “Pak Bupati sudah berjanji, masalah anggaran Pilkada nanti akan diupayakan pada pergeseran anggaran,”ujar Palima.(ojr)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*