Senin, 25 Mei 2020

Cuaca Buruk Hantui Boltim

TUTUYAN, (manadoterkini.com)-Kondisi cuaca di wilayah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) yang tidak menentu, para nelayan dianjurkan untuk tidak melaut disaat hujan yang disertai angin kencang.

Demikian dikatakan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boltim, Julius Pelealu, M.Pd kepada manadoterkini.com.

Ia mengaku, iklim cuaca di Boltim terbilang unik. Terkadang di wilayah perbukitan atau kawasan hutan terjadi hujan lebat. Sementara di dataran dan pesisir pantai musim panas. Begitu juga sebaliknya. Bahkan disertai angin kencang. Sehingga berpotensi banjir dan tanah longsor, serta meningkatnya gelombang air laut. Karena itu, Julius menghimbau kepada warga, baik petani, nelayan, pejalan kaki maupun pengendara roda dua dan roda empat agar selalu waspada terhadap cuaca buruk.

Apalagi, kata Julius, ancaman tanah longsor dan banjir selalu mengintai ketika terjadi hujan berkepanjangan. Pasalnya, sebagian besar struktur tanah di wilayah Boltim telah diketahui labil.

” Ini sangat berbahaya bagi pejalan kaki dan pengendara. Sebab saat hujan, angin kencang, tiba-tiba saja bisa terjadi tanah longsor, banjir atau pohon tumbang. Jadi kami minta supaya semua warga selalu waspada. Karena bencana bisa datang kapan saja,” himbau Julius.(ojr)

Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*