Minggu, 31 Mei 2020

Terima Penghargaan Adiwiyata, Empat Sekolah Harumkan Tomohon di Tingkat Nasional

tomohon

Jimmy Eman

TOMOHON, (manadoterkini.com)-Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia memberikan penghargaan kepada sekolah berbudaya lingkungan melalui Program Adiwiyata. Seperti yang tertuang dalam Keputusan Menteri LH dan Kehutanan RI Nomor 183 Tahun 2014 tentang Penerima Penghargaan Sekolah Adiwiyata Nasional 2014.

Untuk Kota Tomohon sendiri berhasil menempatkan empat sekolah dalam penghargaan ini. Keempat sekolah yang ditetapkan 10 Desember 2014 di Jakarta sebagai peraih Adiwiyata yang mengharumkan Kota Tomohon di tingkat Nasional yaitu SD Inpres Tumatangtang dengan kepala Sekolah Grace Wuwung, S.Pd, SMP Negeri I Tomohon yang di kepalai Drs Jantje Mangorek, SMP Negeri III Tomohon dengan kepala sekolah Aneke Lantang S.Pd dan SMA Negeri I Tomohon dengan Kepala Sekolah Dra Meyta Tambengi, MM. “Sukses keempat sekolah dalam merebut penghargaan Adwiyata Nasional ini, merupakan bukti nyata program sekolah berwawasan lingkungan hidup di kota ini berjalan dengan baik dan akan terus ditingkatkan, sekaligus memberi contoh bagi sekolah-sekolah lainnya” kata Kadis Dikda DR.Juliana D.Karwur M.Kes,MSi kepada manadoterkini.com Senin (15/12) kemarin.

Sementara itu, Walikota Jimmy F Eman,SE.Ak memberikan ucapan selamat sekaligus memberikan apresiasi kepada keempat sekolah yang kembali mengharumkan Kota Tomohon. “Semoga capaian ini dapat menjembatani Kota Tomohon untuk kembali meraih piala Adipura yang sangat diharapkan oleh pemerintah dan masyarakat. Seiring dengan upaya terus menjaga melestarikan alam dan lingkungan bagi keamanan dan kesejahteraan rakyat,” ujarnya.

Lanjut Eman mengatakan bahwa, melalui keberhasilan ini diharapkan agar peran kepala-kepala sekolah yang mendapatkan penghargaan ini untuk mempresentasikan di depan kepala sekolah, jajaran Dikda dan Badan Lingkungan Hidup, serta stakeholder lainnya di Kota Tomohon, seperti apa-apa saja usaha-usaha yang dilakukan keempat sekolah ini dalam meraih Adiwiyata Mandiri.

Dengan keberhasilan ini, Walikota Tomohon bersama para kepala sekolah peraih Adiwiyata dijadwalkan akan menerima penghargaan di Jakarta yang akan diserahkan Presiden atau Menteri pada tanggal 22 Desember 2014 nanti bersama dengan Kabupaten dan Kota lainnya yang meraih predikat ini. “Penghargaan ini merupakan penghargaan pemerintah kepada sekolah yang berjasa dalam pelestarian fungsi lingkungan hidup dan telah memenuhi persyaratan sesuai permen LH No. 05 Tahun 2013 tentang Pedoman Pelaksanaan Program Adiwiyata Nasional,” tandasnya.(fbi)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*