Senin, 25 Mei 2020

2015, Pemkab Minsel Fokus Bangun Irigasi dan Jalan Produksi Pertanian

AMURANG, (manadoterkini.com)-Ini kabar gembira bagi para petani yang ada di Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel). Pasalnya, tahun anggaran 2015 mendatang, Pemkab Minsel melalui Bupati Christiany Eugenia Paruntu SE, akan fokus membangun sarana irigasi dan juga jalan produksi pertanian. Menurut Kadis Pertanian Minsel Ir Decky Keintjem MSi, keinginan membangun irigasi dan juga jalan sentra produksi, tidak lain untuk meningkatkan produksi para petani.

” Dengan meningkatkan produksi, ini akan berdampak pada kesejahteraan petani di Minsel,” ujar Keintjem.

Ditambahkan Keintjem, tahun anggaran 2015 ada alokasi anggaran sebesar kurang lebih Rp 7,5 miliar yang berasal dari Dana Alokasi Khsusus (DAK) untuk membangun berbagai sarana yang dibutuhkan petani.

” Bukan hanya itu, tahun 2015 mendatang, Pemerintah tetap akan memberikan berbagai bantuan kepada petani, seperti bantuan pupuk, benih dan juga pestisida,” ujarnya lagi.

Sementara itu, Donald Wongkar petani asal Kecamatan Motoling Barat berharap agar alokasi anggaran yang disediakan pemerintah benar-benar akan bermanfaat bagi petani. Bukan para petani berdasi yang biasanya membentuk kelompok-kelompok tani fiktif hanya untuk mendapatkan bantuan pemerintah.(dav)

Grafis DAK di Dinas Pertanian :

1. DAK Tahun 2012 = Rp 3,6 miliar

2. DAK Tahun 2013 = Rp 4,5 miliar

3. DAK Tahun 2014 = Rp 5,7 miliar

4. DAK Tahun 2015 = Rp 7,4 miliar

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*