Rabu, 3 Juni 2020

800 Tanah Milik Pemkab Minahasa Belum Miliki Sertifikat

TONDANO, (manadoterkini.com)-Sebanyak 800 tanah yang dibangun perkantoran oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa hingga saat ini belum memiliki sertifikat.

Hal ini berdasarkan data temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) belum lama ini, sehingga Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa diharuskan mengurus kepemilikan tanah untuk dijadikan sertifikat yang sah.

Kabid Asset dan Pembinaan Pemkab Minahasa, Titof D L Sambuaga ketika dikonfirmasi mengakui bila permasalahan Asset tanah diseluruh Minahasa ada sekitar 800-an tanah yang telah berdiri bangunan milik Pemkab Minahasa, dan belum memiliki surat sertifikat.

” Saat ini sampai batas waktu pemasukan bukti surat kepemilikan yang sah, tanggal 15 Desember, namun diberikan kesempatan hingga tanggal 20 Desember, mengingat banyak pejabat yang mengeluh akan waktu yang disediakan sangatlah sedikit,’ Ujarnya.

Dari data yang ada saat ini, untuk tanah yang belum bersertifikat bagi bangunan sekolah di Kabupaten Minahasa, ada sekitar 280 lebih sekolah, 40 diantaranya sudah bersertifikat dan sisanya yang 240 belum ada surat kebasahan kepemilikan.

” Saat ini dari 240 sekolah sejak dari 2 minggu yang lalu kami telah meminta untuk pengurusan sertifikat tanah, tapi kalau belum sempat selesai tepat waktu untuk langkah awalnya memasukan keterangan dari pemerintah setempat dalam hal ini Kelurahan/Desa dan Kecamatan,” ungkap Sambuaga.

Untuk keseluruhan tanah yang sudah berkasnya dimasukan berkisar 50%, dan untuk sisanya masih menunggu pemasukan sampai batas waktu yang telah ditentukan yakni sampai tanggal 20 desember nanti.

” Kami pastikan kalau semua sudah memasukan keterangan asset tanah dari pemerintah setempat, maka dipastikan salah satu penilaian opini dari BPK untuk Kabupaten Minahasa akan lebih bagus lagi,” tandasnya.(chris)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*