Minggu, 24 Mei 2020

Boltim Masih KekuranganTenaga Guru

TUTUYAN, (manadoterkini.com) – Keberdaan tenaga guru di 98 sekolah SD, SMP dan SMA/SMK se-Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) belum merata. Terlebih jumlah pengajar di sejumlah sekolah yang ada diwilayah Nuangan, sangat memprihatinkan.

Menurut sejumlah masyarakat Nuangan, rata-rata guru PNS disetiap sekolah hanya 2 orang saja. Sementara lainnya hanya dibantu oleh tenaga pengajar sukarela. Seperti halnya di Desa Iyok, Loyow, Matabulu, Jikobelanga, Idumun. Jumlah siswa sangat tidak sebanding dengan pengajar yang ada. Tak heran, kegiatan belajar mengajar seringkali terbengkalai.

“Sekolah-sekolah diwilayah Nuangan yang paling sedikit guru. Jika dibandingkan dengan wilayah Modayag, Kotabunan dan Tutuyan. Masalah ini sudah berkali-kali kami sampaikan ke Pemerintah Daerah (Pemda) agar memperhatikan keberadaan guru di Nuangan. Beruntung ada beberapa warga non PNS yang membantu mengajar,” ungkap Sadri serta warga Nuangan lainnya ketika bersua dengan manadoterkini.com di kompleks dikantor bupati.

Mereka berharap, agar tahun 2015 mendatang persoalan tenaga guru yang ada disekolah-sekolah dapat dijawab pemerintah. Hal ini diakui Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat Daerah (BKDD) Pemkab Boltim Drs Darwis Lasabuda, kepada manadoterkini.com, Ia membenarkan bahwa sekolah-sekolah wilayah Nuangan sangat kekurangan guru. “Memang kami sudah lakukan pemerataan guru disemua sekolah SD, SMP,SMK/SMA se-Boltim. Tapi tetap saja masih kurang,” tukasnya.

Lasabuda juga berharap, untuk 70 formasi tenaga guru dari hasil rekrutmen CPNS tahun 2014 belum lama ini, akan memenuhi kebutuhan guru di Boltim termasuk wilayah Nuangan. ” Kami masih menunggu hasil tes CPNS oleh Panselnas. Karena ada 70 guru dari 169 formasi CPNS untuk Boltim. Jika semuanya lulus, tentu harapan penambahan guru di Nuangan akan terwujud. Selain Nuangan, beberapa desa di Kecamatan lainnya seperti Guaan, Bukaka, Kokapoy, Buyat, Bulawan dan lainnya masih kurang guru,” harapnya.(ojr)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*