Minggu, 31 Mei 2020

Walikota Manado Bakal Lelang Jabatan Kepala Lingkungan

GSVL : Diatur Dalam Perwako No. 18 Tahun 2017

manado

Walikota Manado GS Vicky Lumentut

MANADO, (manadoterkini.com) – Setelah beberap tahun ini hanya diangkat melalui Surat Keputusan (SK) Camat atas usulan Lurah, kedepan jabatan kepala lingkungan (Pala) tersebut akan dilelang. Hal tersebut diungkapkan Walikota GS Vicky Lumentut dalam sosialisasi peraturan Walikota Manado nomor 52 tahun 2014 tentang Sistem Keamanan Lingkungan Kota Manado, dalam rangka Stabilitas Keamanan dan Ketertiban Masyarakat Manado Aman dan Nyaman, di ruang serbaguna kantor Walikota, Senin (22/12) kemarin.

Menurut Lumentut, metode terbaru tersebut dilakukan dengan pertimbangan yang matang, dimana banyak masyarakat yang mengeluhkan kinerja kepala lingkungan (Pala) selama ini. “Keluhan yang masuk lewat SMS maupun BBM dan Facebook sangat banyak,” katanya.

Dia mengatakan, hal itu didukung fakta keberadaan pala yang hanya menggunakan sistem kontrak. “Kontrak pala itu pertahun, yang diatur dalam Peraturan Wali Kota Nomor 18 Tahun 2007 Tentang Tata Cara Pengangkatan Pala,” ungkapnya.

Dia menjelaskan, pendaftaran menjadi pala akan dibuka 24 Desember nanti. Selanjutnya para pendaftar tersebut akan menerima pembekalan dari pemerintah kota, sebelum akhirnya mengikuti tes. “Pengumuman dibukanya pendaftaran jadi pala kemungkinan akan dilakukan di setiap kantor kelurahan besok (hari ini). Tapi kalau berhalangan, akan dilakukan tanggal 24 Desember nanti,” jelasnya. Dia menambahkan, pengumuman calon pala yang diangkat jadi pala akan dilakukan tanggal 30 Desember, dan dilantik esok harinya. “Jadi tepat tanggal 1 Januari 2015, mereka akan langsung bekerja,” pungkas Walikota GS Vicky Lumentut.(ald)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*