Kamis, 28 Mei 2020

Perbaiki Pelayanan Kepada Masyarakat, Walikota Manado Lelang Jabatan Pala

Walikota GSVL Iplementasikan Harapan Presiden Jokowi

manado

Walikota GSVL buka seleksi calon Pala di Manado

MANADO, (manadoterkini.com) – Kebijakan Walikota Manado Dr GS Vicky Lumentut, menaikan insentif bagi Kepala Lingkungan (Pala) diatas Upah Minimum Provinsi (UMP) memang menjadi perhatian daerah lain di Sulut termasuk Indonesia. Pasalnya, janji Walikota GSVL memperbaiki pelayanan kepada masyarakat di tingkat paling bawah tersebut dengan melelang jabatan Pala dibuktikan dengan seleksi yang telah dibuka Sabtu (27/12) kemarin di ruang serbaguna.

Tak ayal, seleksi Pala ini mendapat respon yang luar biasa dari berbagai kalangan masyarakat di Kota Manado. Bahkan animo warga untuk menjadi Pala sangat tinggi, sehingga pendaftaran pun membludak.

Dengan seleksi tersebut diharapkan mampu merubah pelayanan kearah lebih baik sebagaimana harapan Walikota GSVL. Pasalnya, Pala merupakan garda terdepan pelayanan Pemkot Manado kepada masyarakat. “Kita terus berusaha memperbaiki kualitas pelayanan kepada masyarakat, termasuk kinerja kepala lingkungan,”ujar Walikota GSVL.

Menanggapi seleksi Pala untuk tahun 2015 akademisi yang juga tokoh Pemuda Widdy Rorimpandey SPt MPd, kepada manadoterkini.com adalah terobosan yang spektakuler oleh Walikota GSVL memperbaiki pelayanan kepada masyarakat. Mengingat metode ini belum pernah dilakukan sebelumnya, karena metode ini salah satu implementasi UU tentang ASN untuk tenaga non PNS.

“Pak Walikota telah mengejahwantahkan apa yang menjadi harapan Presiden Jokowi. Karena pada waktu Presiden menjabat Gubernur DKI Jakarta, beliau melelang jabatan Lurah dan Camat termasuk para Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) untuk memperbaiki pelayanan kepada masyarakat. Kini GSVL memulainya dari tingkat paling bawah yakni kepala Lingkungan,”ucap Rorimpandey sembari merasa salut akan program dan gebrakan Walikota GSVL di Kota Manado.

Dilain pihak pengamat Politik dan Pemerintahan Sulawesi Utara, Dr Ferry Daud Liando Msi, menuturkan lelang jabatan Pala yang dilakukan Pemkot Manado dibawah komando Walikota GSVL patut mendapat apresiasi warga Kota Manado. “Kalau pun ini meniruh langkah Jokowi tak mengapah karena ini langka positif untuk merubah pelayanan kepada masyarakat yang semakin baik. Harapan kedepan tak hanya jabatan Pala yang dilelang tapi juga Lurah, Camat maupun jabatan esalon II,”tutur Liando.

Sementera itu tolak ukur Pemkot Manado melakukan penilaian Pala selama ini adalah kinerja bukan karena suka atau tidak suka. Seperti halnya keseriusan Pala mengurus lingkungan melalui kegiatan pendataan di lingkungan, kempemimpinan KMM dalam program PBL Mapalus dan pro kamling. Apalagi banyak pala yang hanya cari gambang melaksanakan tugas-tugas tersebut di lingkungan.(ald)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*