Minggu, 24 Mei 2020

2015, Boltim Bakal Ketambahan 3 Kecamatan Baru

TUTUYAN, (manadoterkini.com) – Kepala Bagian (Kabag) Tata Pemerintahan (Tapem) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Nizar Kadengkang melalui Kasubag Tapal Batas, Fitrah Damopolii, memastikan Boltim bakal ketambahan tiga Kecamatan baru yakni, Buyat, Motongkad dan Moo’at di tahun 2015 mendatang. “Tinggal tunggu rancangan peraturan daerah (Ranperda) yang masih akan dikonsultasikan dengan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Boltim kemudian dilanjutkan ke Biro Hukum Provinsi Sulawesi Utara (Sulut),” ujar Kadengkang kepada manadoterkini.com Selasa (30/12) ini.

Setelah selesai dilakukan verifikasi dan koreksi oleh Biro Hukum, dikatakannya Pemda Boltim sudah harus menetapkan Perda tersebut kemudian dilanjutkan ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dikualifikasi wilayah. Dimana untuk sekarang ini Boltim sudah mempunyai 5 (lima) kecamatan. “Setelah diterbitkan Perda maka akan ada tiga dokumen lagi yang akan diajukan ke Provinsi, seperti dokumen proposal, kajian teknis dan Perda, agar bisa diterbitkan rekomendasi/surat pengantar Gubernur untuk dilampirkan ke Kemendagri guna mendapatkan kodefikasi wilayah kecamatan,” jelasnya.

Dia pun memperkirakan, selambat-lambatnya rencana pembahasan Perda tersebut dijadawalkan pada tahun anggaran baru yakni 2015 mendatang, sehingga pada triwulan I antara bulan Januari atau Februari nanti, penentuan untuk sah atau tidak hal itu, tinggal tergantung pemerintah pusat dan provinsi. “Yang pasti kita sudah akan menghadap ke Asisten I sebagai perwakilan dari Sekretaris Daerah (Sekda) Boltim. Karena berhubung Pak Sekda masih ada tugas ke Jakarta. Dimana, konsultasi dengan Asisten I ini untuk meminta arahan petunjuk penjadwalan pertemuan kosultasi dengan DPRD,” tandasnya, sembari menambahkan, pada intinya Pemda Boltim sudah berusaha dan berbuat, agar jangan sampai ada isu-isu bahwa pemerintah tidak mengakomodir usulan masyarakakat Boltim tentang pemekaran.(ojr)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*