Jurusan Teknik Mesin Politeknik Negeri Manado Lakukan PKM di Motoling

Jurusan Teknik Mesin Politeknik Negeri Manado Lakukan PKM di Motoling

Politeknimanadoterkini.com, MOTOLING – Jurusan Teknik Mesin Politeknik Negeri Manado Jumat, (27/8/2021) melakukan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) di TK GMIM Maranatha Picuan Baru Kecamatan Motoling.

PKM tersebut yakni pembuatan dan penggunaan Alat Permainan Edukatif (APE) Matematika Untuk Anak Usia Dini.

Ketua tim Jurusan Teknik Mesin Politeknik Negeri Manado Meidy Kawulur, SSi., M.Si mengungkapkan, kegiatan pengabdian masyarakat masuk dalam tiga tugas pokok dosen yaitu, pengajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat.

“Pengabdian yang dilakukan adalah yang bersentuhan langsung dengan masyarakat umum. Kegiatan pengabdian masyarakat tersebut dibiayai oleh Institusi Politeknik Negeri Manado melalui serangkaian proses seleksi, dan bersyukur proposal Tim kami disetujui,” jelas Meidy Kawulur.

Pendidikan pada masa usia dini lanjut Meidy merupakan wahana pendidikan yang sangat fundamental dalam memberikan kerangka dasar terbentuknya dan berkembangnya dasar-dasar pengetahuan, sikap dan ketrampilan pada anak.

“Keberhasilan proses Pendidikan pada masa tersebut menjadi dasar untuk proses pendidikan selanjutnya,” kata Meidy Kawulur yang didampingi anggota tim, Agnes Wakarry SH, M.H dan Yongkie Lombogia, SST.

Meidy Kawulur menambahkan tujuan pengabdian masyarakat ini untuk menjadikan anak-anak lebih aktif dalam memanipulasi alat dan media pembelajaran matematika serta dapat mendukung konsep matematika secara riil, juga membantu para pengajar untuk memberikan kesempatan yang lebih besar kepada anak didik dalam mengikuti proses belajar mengajar yang menyenangkan dan tidak membosankan.

Dalam kegiatan PKM tersebut diserahkan beberapa alat permainan Matematika untuk membantu pembelajaran anak usia dini. Dalam penyerahan alat ini disaksikan oleh salah satu toko Pendidikan di desa, bapak Yopie Kawulur.

Dikesempatan yang sama, Yopie Kawulur mengatakan bahwa pendidikan harus di mulai dari anak usia dini yang sebagai merupakan regenerasi untuk membangun bangsa yang berpendidikan dan berkarakter.

Sementara pimpinan TK. Gmim Maranatha Picuan Baru, Heidy Tendean, SPd dan atan nama BPMJ GMIM Picuan Baru, Guru Agama Ellen Rembet sangat berterima kasih kepada Politeknik Negeri Manado Jurusan Teknik Mesin yang sudah membantu memberikan alat-alat permainan matematika untuk proses pembelajaran anak usia dini.

“Memang permainan ini sangat dibutuhkan sehubungan dengan minimnya alat permainan indoor yang ada di TK GMIM Maranatha Picuan Baru,” ujar Tendean. (*/Rizath)

Anda mungkin juga berminat
Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.