Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Berita PilihanEdukasi dan ReligiPemerintahan

Olly Dondokambey Terima Tongkat Sakti Yang Dipakai Oleh Raja-Raja Batak

×

Olly Dondokambey Terima Tongkat Sakti Yang Dipakai Oleh Raja-Raja Batak

Sebarkan artikel ini

sulutmanadoterkini.com, SULUT – Lembaga Adat Dalihan Na Tolu Suku Batak di Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara memberikan ‘Tukkot Tunggal Panaluan’ kepada Olly Dondokambey SE yang juga Gubernur Sulawesi Utara (Sulut).

Pemberian Tukkot Tunggal Panaluan yang berarti tongkat Sakti yang dipakai oleh raja-raja batak dilakukan saat kunjungan di Tapanuli Utara, Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Senin (1/11/2021).

Tukkot Tunggal Panaluan yang diberikan berupa Pedang dan Tongkat.

Diketahui, Tukkot Tunggal Panaluan merupakan warisan budaya yang secara turun-temurun dilestarikan Suku Batak Toba dan biasanya dipakai untuk Raja Batak.

Di satu sisi, Olly Dondokambey dinilai berhasil mengangkat Sulut menjadi Provinsi dengan segudang prestasi dan mendapat penghargaan-penghargaan dari pemerintah pusat.

ollyNamun di sisi lain, Olly Dondokambey selaku Ketua Forum Komunikasi Pria Kaum Bapak FK PKB PGI dinilai sebagai pemimpin besar.

Olly didoakan kelak nanti mengayomi dan memperhatikan masyarakat Indonesia, termasuk Tapanuli Utara.

Gubenur Olly yang akan menghadiri Forum Komunikasi Pria Kaum Bapa PGI di wilayah itu menyampaikan terima kasih.

“Terima kasih atas sambutannya. Kalau dilihat, bukan lagi sebagai FK PKB PGI. Ini sudah pakaian lengkap raja-raja. Terima kasih, semoga Tuhan menolong kita,” ujar Olly.

Pada Kunker ini, Olly Dondokambey dijamu makan bersama Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan dan Forkopimda.

Turut hadir Ketua PGI Gulmar Gultom, Ketua Sinode GMIM Pdt. Hein Arina, Bupati Minahasa Roy Octavian Roring, Wali Kota Bitung Maurits Mantiri, serta para pendeta. (*/Rizath)