Unsrat Jadi PT Pertama di Indonesia Implementasikan Teknologi Blockchain

Unsrat Jadi PT Pertama di Indonesia Implementasikan Teknologi Blockchain

manadomanadoterkini.com, MANADO – Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado menjadi Perguruan Tinggi (PT) pertama di Indonesia yang mengimplementasikan teknologi blockchain pada data akademiknya.

Suksesnya implementasi teknologi blockchain untuk menjamin integritas data dan dokumen digital.

Blockchain adalah teknologi penyimpanan data secara terdistribusi yang menggunakan penanda digital dengan teknologi kriptografi.

Adanya teknologi Blockchain ini, data dan dokumen digital yang telah dibuat tidak dapat diubah, sehingga meningkatkan keamanan dan integritas data tersebut.

Ini tersimpan di pangkalan data Portal Inspire sebagai portal layanan akademik di Unsrat.

Setiap pembaruan terhadap data dicatat dan dapat ditelusuri kembali sehingga memudahkan untuk mendeteksi perubahan data secara ilegal.

“Blockchain menjadi single and trusted view of the truth untuk semua data yang terlibat dalam proses akademik untuk mahasiswa, dari awal masuk hingga studinya selesai,” kata Rektor Unsrat, Prof Dr Ir Ellen Kumaat, MSc DEA, Rabu (24/5/2022).

Implementasi teknologi Blockchain sendiri merupakan bagian dari upaya Unsrat untuk meningkatkan kualitas keamanan layanan data akademik yang tersimpan di pangkalan data Unsrat.

Ini cara jitu meminimalkan upaya kecurangan maupun kesalahan yang tidak terdeteksi. Dengan diimplementasikannya teknologi Blockchain, dalam waktu dekat Unsrat akan menyediakan juga layanan verifikasi data akademik berbasis Blockchain kepada pihak eksternal.

Layanan ini akan bermanfaat bagi pihak industri yang ingin merekrut lulusan Unsrat.

Juga dapat melakukan verifikasi data identitas dan prestasi akademik lulusan secara lebih akurat dan terpercaya.

“Sehingga dapat berkontribusi pada peningkatan serapan lulusan di dunia kerja,” kata Kumaat.

Suksesnya penerapan teknologi Blockchain ini telah menjadikan Unsrat sebagai perguruan tinggi pertama di Indonesia yang mengadopsi Blockchain sebagai salah satu pilar teknologi di Era Revolusi Industri 4.0.

Hal ini sekaligus menunjukkan tekad Unsrat untuk terus berinovasi menuju perguruan tinggi yang unggul dan berbudaya. (*/Rizath)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.