Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Ekonomi dan BisnisManado

Pariwisata Sulut Harus Siap Hadapi MEA

×

Pariwisata Sulut Harus Siap Hadapi MEA

Sebarkan artikel ini
manado, malalayang
Jackson Sulangi SH

MANADO, (manadoterkini.com) – Potensi pariwisata Sulut memang sudah diakui dunia. Keindahan alam yang tiada tara membuat banyak turis ingin kembali. Untuk itu, pelaku bisnis pariwisata harus siap menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) tahun 2015 ini.

Menurut Jackson Sulangi SH, potensi yang dimiliki Sulut, sangatlah menjanjikan. Sektor pariwisata harus dibenahi bukan hanya fasilitas tapi sumber daya manusianya. “Orang Manado memang harus membenahi kualitas SDM-nya. Karena potensi pariwisata yang kita (Sulut,red) miliki tak usa diragukan lagi. Jadi perlu ada regulasi yang jelas terkait ini. Jangan sampai kita menjadi penonton di daerah sendiri,”terang Sulangi.

Lanjutnya, banyak potensi yang belum dimanfaatkan secara maksimal. Seperti halnya Taman Laut Bunaken. Menurutnya, sudah sewajarnya Badan Nasional Taman Laut Bunaken menyerahkan pengolahan Bunaken kepada Pemerintah Kota. “Akan lebih baik pengolahan Taman Bunaken diserahkan kepada Pemkot Manado. Kalau diserahkan sepenuhnya menjadi kewenangan Pemkot Manado, tak akan ada lagi saling berharap untuk membersihkan Bunaken dari sampah,”ujarnya.

Makanya, menghadapi MEA, pariwisata Sulut sudah harus siap. Pemprov Sulut juga harus legowo memberikan pengolahan Taman Nasional Bunaken ke Pemkot Manado. “Jadi mau tidak mau kita harus siap menghadapi MEA. Tidak ada jalan lain dengan mengoptimalkan potensi yang ada,”pungkasnya.(ald)