Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Manado

Mocodompis Jamin Roring Jalankan Amana Sebagai Walikota Manado

×

Mocodompis Jamin Roring Jalankan Amana Sebagai Walikota Manado

Sebarkan artikel ini
kaabg Humas
Penjabat Walikota Manado Royke Roring didampingi Kabag Humas Franky Mocodompis. (ist)

MTerkini.com, MANADO – Banyak yang sangsi Pemkot Manado akan ikut mendukung dan mensukseskan Pilkada Manado pada 17 Februari seperti yang sudah ditetapkan KPU Manado.

Menyusul rilis disampaikan Kabag Humas dan Protokol, Franky Mocodompis lewat medco humas sesuai pernyataan Asisten I, Josua Pangkerego, kalau keputusan KPU tersebut terlalu terburu-buru karena ada beberapa agenda penting terkait KPU.

Diantaranya, audit Rp 20 M anggaran Pilkada yang tertata dalam APBD Induk 2015 lalu serta mengunggu hasil auditnya. Kemudian usualan penambahan anggaran Rp8 M dari KPU masih perlu dibicarakan dengan DPRD Manado karena terkait perubahan anggaran sebab tidak tertata dalam APBD 2016 ini.

Meski begitu, Mocodompis menjamin Royke Roring akan melaksanakan amanahnya sebagai Penjabat Walikota Manado saat ini.“Salah satu amanah diberikan Negara kepada Penjabat Walikota, melaksanakan pemerintahan transisi hingga dilantiknya Walikota dan Wakil Walikota definitif serta mendukung pelaksanaan tahapan Pilkada,” jelas Mocodompis.

Apalagi, menurutnya, Roring sudah berulangkali menyatakan akan melaksanakan amanah ini secara sungguh-sungguh berdasarkan ketentuan dan perundang-undangan yang berlaku.

Terkait permintaan usulan penambahan anggaran Rp 8 M dari KPU, Mocodompis menjelaskan, Penjabat telah menyampaikan kepada KPU dalam pertemuan pekan lalu. “Beliau mohon diberikan kesempatan untuk berkoordinasi dengan pihak Kementrian Dalam Negeri dan Pemerintah Provinsi, karena pada APBD Kota Manado tahun 2016 tidak ada nomenklatur anggaran tentang tahapan Pilkada lanjutan,” jelas Mocodompis.

Sebab, keputusan anggaran Pilkada lanjutan yang tidak tertata pada APBD bukan persoalan sederhana sehingga Pemkot perlu mengkonsultasikan dengan pihak terkait supaya tidak menimbulkan persoalan lain di kemudian hari, termasuk persoalan hukum. “Bila sudah ada payung hukum jelas, tentu kebutuhan anggaran Pilkada dapat segera direalisasikan oleh Pemkot Manado,” pungkas Mocodompis.(ald)