DPRM Kemenristekdikti Evaluasi Desa Batu Minut

minutmanadoterkini.com, AIRMADIDI – Desa Batu Kecamatan Likupang Selatan Kabupaten Minahasa Utara (Minut), sebagai salah satu Desa Agrowisata, Rabu (18/10/2017), dikunjungi Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat (DPRM) Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti).

Menurut Hukum Tua (Kumtua) Desa Batu Jerry Sampelan, dari DPRM Kemenristekdikti Andy Ridwan dan Robby Prayudha, serta Tim Iptek bagi Wilayah (IbW) dari Unsrat dan Unima, melakukan evaluasi dan pendampingan Desa Agrowisata.

“Tim tersebut melakukan reviewer (Resensi) pada pertanian dan pariwisata, dan kegiatan penunjang seperti pelatihan pembuatan Pancake Durian, Peningkatan Ternak, Keripik Pisang, Budidaya Pembenihan Grafting Tanaman Durian, Pemupukan Durian dengan Teknik Mekanisasi, dan Pengolahan Kotoran Ternak Sapi menjadi Biogas,” jelas Sampelan.

Ditambahkannya, Agrowisata dan kegiatan usaha kecil ini bertujuan untuk pendekatan sosial dalam mencapai proses pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) dan Sumber Daya Alam (SDA), khususnya di Desa Batu dan Desa Werot yang memang sedang dalam proses pembangunan SDM. Dimana ini juga melibatkan seluruh komponen masyarakat desa, diantaranya pemerintah dan aparat desa, kelompok tani, kelompok PKK, kelompok masyarakat dan kelompok Bundes yang bertujuan untuk menumbuhkan partisipasi masyarakat untuk terlibat dalam pembangunan Desa Agrowisata.(Pow)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.