Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Manado

Bapelitbangda Gelar Penajaman Renja Perangkat Daerah

×

Bapelitbangda Gelar Penajaman Renja Perangkat Daerah

Sebarkan artikel ini

manadomanadoterkini.com, MANADO — Badan Perencanaan,Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapelitbangda) Kota Manado menggelar Penajaman Renja Perangkat Daerah dengan fokus pada Program Prioritas (Fokus Lokasi dan Cross Cutting Program), bertempat di Ruang Serba Guna Kantor Walikota Manado, Rabu (02/05/2018).

“Penajaman Program Prioritas ini agar Perangkat Daerah masing-masing mengetahui program-program prioritas apa yang akan di rancang dan dilaksanakan untuk menunjang Prioritas Pembangunan kedepan”, ujar Kabid Ekonomi Bapelitbang, Merry Tinangon, SP, MSi.

Pada kesempatan ini juga, Kepala Bapelitangda Kota Manado, Dr. Liny Tambajong, ST, MSi memaparkan mengenai Penajaman Program Prioritas terlebih fokus pada lokasi dan cross cutting program untuk mendukung Prioritas Pembangunan tahun 2019.

“Untuk menunjang prioritas pembangunan kita harus terlebih dahulu mengetahui program-program prioritas apa saja yang akan kita laksanakan beserta dengan kegiatan-kegiatannya. Kita juga akan fokus di lokasi kegiatan contohnya pembangunan pendidikan bagi SD/SMP yang ada dipinggiran dan daerah terpencil contohnya di Kepulauan Bunaken dan Manado Tua,” ujar Kaban Liny.

“Selain itu juga pembangunan kesehatan dalam hal sarana dan prasarana Puskesmas. Sudah ada bangunan tetapi belum ada isinya, juga dalam hal infrastrukturnya seperti lift. Bagaimana bisa rumah sakit tidak didukung dengan adanya lift?,” tambah Kaban Liny.

Penajaman program prioritas ini juga sudah didukung dengan adanya pemanfaatan aplikasi Simral sehingga diharapkan tidak ada lagi program-program siluman yang sebentar akan tiba-tiba muncul, maupun usulan-usulan terselubung. Karena nantinya usulan-usulan yang sudah terinput di Simral akan dipantau juga oleh KPK mulai dari musrenbang, reses dewan sampai dengan penajaman program prioritas. (mlz)