Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Manado

Tingkatkan Progesionalisme, SatPol-PP Gelar Bimtek

×

Tingkatkan Progesionalisme, SatPol-PP Gelar Bimtek

Sebarkan artikel ini

 

manadoterkini.com, MANADO – Untuk meningkatkan profesionalisme petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) Kota Manado di lapangan perangkat daerah yang dipimpin Xaverius A Runtuwene mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) selama 3 hari (25-27/10/1018) di Hotel Sutan Raja Kabupaten Minahasa.

manado“Untuk menuju profesionalisme tersebut minimal ada tiga persyaratan yang harus dimiliki yakni skill atau ketrampilan, kemudian knowledge atau pengetahuan dan attitude atau sikap, apabila seorang petugas Satpol PP yang bertugas dilapangan menerapkan ketiga hal ini baru dapat dikatakan profesional,” ujarnya.

Bimtek bertujuan untuk memberikan pemahaman terhadap anggota / aparatur Satuan Polisi Pamong Praja Kota Bukittinggi tentang tugas pokok dan fungsi serta peranan Satpol PP, disamping itu Bimtek ini juga untuk memberikan pemahaman tentang Standar Operasional Prosedur (SOP) Satpol PP dan Cara Bertindak (CB) sesuai dengan Permendagri Nomor 54 Tahun 2011 tentang SOP Satuan Polisi Pamong Praja.

Lanjut Xave mengatakan bahwa pembekalan ini perlu dilakukan karena Satpol PP yang selalu berinteraksi dan berkomunikasi dengan masyarakat di lapangan dalam bertindak agar sesuai dengan SOP yang telah ditetapkan oleh Permendagri, dan diharapkan petugas Satpol PP agar lebih humanis dan tidak terkesan arogan di lapangan sesuai dengan tuntutan reformasi, tambahnya.

manadoSekertaris Kota Manado terpilih Micler Lakat. SH, MH  mengatakan, dengan dimasukkannya urusan ketentraman, ketertiban umum dan perlindungan masyarakat dalam urusan pemerintahan wajib yang berkaitan dengan pelayanan dasar dalam UU Nomor : 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah maka  peran Satpol PP semakin strategis.

“Untuk itu pola sikap dan perilaku harus benar – benar menjadi perhatian Satpol PP dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,  disamping itu Satpol PP harus memiliki unsur – unsur humanis, berdedikasi, disiplin dan tegas”, ujar Mantan Asisten Pemerintahan dan Kesra itu.

Bimbingan Teknis Bimtek dengan mengusung tema SINERGITAS LINMAS MEMBANGUM TIBUM TRANMAS DI KOTA MANADO itu ditutup oleh Kasat Pol PP Kota Manado.

“Dengan Bimtek ini saya berharap dijadikan wahana meningkatkan pengetahuan, serta dapat menjalankan tugas pokok dan fungsi dalam penegakan Perda disamping dapat membentuk Satpol PP yang professional dan terlatih pada bidangnya sehingga mampu mengimplementasikan pada tugas – tugasnya sebagai aparatur pemerintahan. (angky)