Selasa, 18 Juni 2019

Ini Empat Wilayah Minahasa yang Dijadikan ‘Ladang’ Developer

manadomanadoterkini.com, TONDANO – Kabupaten Minahasa memiliki sejumlah wilayah yang dijadikan ‘ladang’ investasi developer atau pengusaha yang bergerak dalam bisnis perumahan.

Wilayah-wilayah yang dimaksud adalah Kecamatan Pineleng, Mandolang, Tombulu serta Langowan. Dalam rapat antara Pemkab Minahasa dan Developer yang menanamkan modalnya di daerah ini, Bupati Ir Royke Oktavian Roring MSi (ROR) mengatakan bahwa sangat perlu menata pengelolaan tata ruang maupun berbagai fasilitas yang ada dalam merencanakan pembangunan perumahan.

Karena itu Kabupaten Minahasa akan mengadakan revisi rencana tata ruang wilayah dan akan berupaya selesai tahun ini. “Tahun depan saya harap rencana tata ruang di wilayah-wilayah seperti Pineleng, Mandolang, Tombulu, Langowan sudah harus selesai. Karena dari 25 kecamatan yang ada di Kabupaten Minahasa, empat kecamatan ini yang cepat bertumbuh pembangunan perumahan-nya,” ujar ROR Kamis, (13/6) tadi.

Bupati menjelaskan ketika menata RTRW, RDTR supaya sejalan dengan rencana pengembangan pemerintah. “Mari bersama-sama berpikir dengan pemerintah  untuk membangun wilayah Minahasa. Mari kelola agar betul-betul tercipta kenyamanan. Mari menata wilayah-wilayah di Minahasa secara baik. Karena wilayah-wilayah pengembangan ini merupakan sumber-sumber air. Jika tidak dikelola dengan baik, akan berdampak buruk. Kiranya ini menjadi perhatian kita bersama kedepannya untuk Minahasa semakin hebat,” jelas Bupati.

Diharapkan kedepannya delevoper dengan Pemkab Minahasa dapat merencanakan pembangunan yang ada di wilayah ini. Beberapa usulan diantaranya fasilitas umum yakni jalan antara kota dan kabupaten dimohon untuk memperluas ataupun melebarkan jalan yang sempit.

“Minahasa mempunyai potensi yang sangat besar. Harapan kami akses jalan dan perijinan dimudahkan agar investor dengan mudah masuk ke daerah kita,” pungkasnya.

Rapat tersebut jyga dihadiri oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Dr Wilford Siagian MA, Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang, Dinas Penanaman Modal dan Perinjinan Terpadu Satu Pintu, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Perumahan dan kawasan Pemukiman, Bappelitbangda, Dinas pertanian, Dinas perhubungan. (fis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*