Pemkab Minahasa Launching SID di Sonder

Minahasamanadoterkini.com, TONDANO – Informasi tentang desa-desa yang ada di Kabupaten Minahasa nantinya bisa diakses secara digital. Hal tersebut seiring diluncurkanya Sistem Informasi Desa oleh Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey SSi MM (RD) pada Selasa (29/10) tadi di Desa Leilem Kecamatan Sonder.

Dikatakan RD, perubahan sosial dan ekonomi yang sangat pesat menuntut para penyelenggara pemerintahan untuk melakukan berbagai penyesuaian dalam mengantisipasi perubahan zaman, revolusi industri 4.0 (Four Point Zero), dan perkembangan teknologi informasi menuntut pelayanan yang lebih baik.

“Aplokasi sistem informasi desa digunakan untuk membantu kinerja pemerintah desa sehingga dapat lebih efisien dalam pengelola administrasi dan data desa. Sisetem informasi desa ini merupakan langkah awal dalam mengembangkan desa digital, dimana teknologi dimanfaatkan untuk melayani masyarakat,” ujar RD.

Lanjutnya, di era digital industri 4.0, ROR-RD berkomitmen untuk memajukan seluruh desa di Kabupaten Minahasa. “Saya sebagai insiator sistem informasi desa memiliki pandangan yang jauh kedepan dimana agar supaya ini bisa membantu palayanan masyarakat melalui keterbukaan informasi secara sigital di seluruh Kabupaten Minahasa,” jelasnya.

Tahun 2020 mendatang dirinya berharap supaya seluruh camat, hukum tua maupun lurah bisa bersinergi secara digital melalui sistem informasi desa dan kelurahan dalam menjadikan seluruh daerah di Kabupaten Minahasa.

 “Kita akan berupaya supaya sistem informasi desa ini akan terintergritas dengan sistem-sistem informasi manajemen daerah lainnya yang sudah ada agar kehadiran SID dapat semakin maksimal dalam menunjang Pelayanan Publik,” harapnya. (fis)

Posting Terkait

Tinggalkan pesan