Perangi Corona, ROR : Hasil Tidak Pernah Mengkhianati Usaha

Minahasamanadoterkini.com, MINAHASA – Berbagai upaya untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona terus dilakukan Pemerintah Kabupaten Minahasa. Upaya-upaya tersebut intens dilakukan meski sampai saat ini Kabupaten Minahasa masih bersih dari virus corona.

Bupati Dr Ir Royke Octavian Roring MSi (ROR) mengatakan, beberapa hari terakhir ini petugas kesehatan dibantu instansi terkait rutin melakukan pemeriksaan dan pemantauan untuk setiap orang yang baru datang ke wilayah Kabupaten Minahasa, terutama bagi mereka yang baru tiba dari luar negeri.

“Tim medis didampingi pemerintah kecamatan langsung mengunjungi rumah dari warga yang baru tiba Minahasa. Prosedur pencegahan awal yang kita lakukan yaitu pengecekan suhu tubuh. Meski tidak ada gejala penyakit, mereka tetap mendapatkan pengawasan ketat. Jadi mereka diberi himbauan untuk isolasi diri sendiri di rumah selama 14 hari dan nanti akan dipantau perkembangan kesehatannya oleh tim medis,” kata Bupati, Sabtu (21/03/2020).

Tak hanya itu, pemerintah juga terus menggiatkan upaya sterilisasi dengan penyemprotan disinfektan di tempat keramaian umum masyarakat, tempat ibadah dan kantor pemerintah. Juga menambah pengadaan tempat cuci tangan di lokasi umum dan penyaluran air-air bersih di wilayah yang membutuhkan. Semua upaya itu diharapkan bisa mengurangi resiko penyebaran virus corona.

“Pemerintah tak henti-hentinya menghimbau agar masyarakat dapat memahami social distancing. Larangan adanya perkumpulan dan keramaian itu tujuannya untuk kebaikan kita bersama, karena resiko penyebaran virus di tempat ramai sangat tinggi. Satu orang yang terinfeksi saja bisa dengan cepat menulari banyak orang. Jadi diharapkan masyarakat menaati anjuran dan himbauan pemerintah yang sudah disampaikan,” tegas Bupati.

Pemerintah Kabupaten Minahasa akan semakin memaksimalkan langkah pencegahan untuk membendung penyebaran wabah virus corona. Namun bila social distancing tidak dilakukan sungguh-sungguh, usaha preventif dengan penyemprotan, pemakaian masker dan cuci tangan hasilnya tidak akan maksimal.

“Jadi sekali lagi dibutuhkan kesungguhan semua pihak untuk taat memberlakukan social distancing. Sayangi diri kita dan orang-orang disekitar kita. Kita percaya upaya ini akan mampu mencegah penyebaran virus corona. Ingat, hasil tidak pernah mengkhianati usaha,” pesan Bupati. (fis)

Posting Terkait

Tinggalkan pesan