Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Minahasa

Bahas Kelestarian Danau Tondano, Bupati Minahasa Rapat Dengan Stakeholder Terkait

×

Bahas Kelestarian Danau Tondano, Bupati Minahasa Rapat Dengan Stakeholder Terkait

Sebarkan artikel ini

minahasamanadoterkini.com, MINAHASA – Pemerintah Kabupaten Minahasa terus berupaya maksimal terkait kelestarian Danau Tondano. Senin, (10/08/20) tadi, Bupati Dr Ir Royke O Roring (ROR) memimpin rapat dengan stakeholder terkait yang membahas tentang pengelolaan danau di pendopo Bentent Moraya Tondano.

Dalam rapat yang dihadiri Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sulawesi Utara Ir Marly Gumalag MSi, Bupati ROR menyampaikan bahwa rapat koordinasi tersebut diadakan karena hal ini merupakan suatu keseriusan pemerintah dalam penanganan dan pengelolaan Danau Tondano.

“Pemerintah telah mengusahakan berbagai upaya dalam pelestarian Danau Tondano. Salah satunya adalah upaya koordinasi dengan pemerintah pusat mengenai betapa pentingnya pelestarian Danau Tondano. Mengingat bahwa Danau tondano merupakan sumber irigasi, destinasi pariwisata, sumber perikanan, sumber energi, dan sumber air minum bagi masyarakat. Danau Tondano juga merupakan salah satu yang memberikan kontribusi apabila manado banjir, jadi sangat disayangkan jika revitalisasi Danau Tondano ini dibiarkan,” ujar Bupati.

Bupati menyampaikan bahwa pemerintah Minahasa juga melakukan Prioritas kegiatan pelestarian Danau Tondano berupa percepatan pembangunan tanggul pengaman lanjutan sepanjang 14.291 meter dari rencana 18.255 meter.

Pembangunan sedimen trap di beberapa inlet Danau Tondano, pembangunan regulator gate di outlet danau Tondano, penanganan eceng gondok, penataan kawasan lingkar danau, dan juga peningkatan kapasitas jalan lingkar danau.

“Selain itu, Pemerintah Kabupaten Minahasa telah Menandatangani Kesepakatan dengan pemerintah pusat bahwa Danau Tondano merupakan salah satu dari 15 danau prioritas nasional untuk di revitalisasi dengan permasalahan DAS rusak dan danaunya rusak,” jelasnya.

Untuk itu, dirinya mengharapkan kiranya dengan diadakannya rapat koordinasi tersebut, semua stakeholder terkait bisa bekerjasama mengelola Danau Tondano. Melestarikan Danau Tondano (Lumeos In Lour Tondano).

“Semoga pelestarian Danau Tondano ini bisa dilaksanakan dengan melibatkan semua stakeholder yang ada di Provinsi Sulawesi Utara ini dalam kerjasama yang baik dengan seluruh instansi terkait baik dari Pusat, Provinsi maupun Kabupaten,” pungkasnya.

Rapat tersebut juga dihadiri Asisten Perekonomian dan Pembangunan Ir Wenny Talumewo MSi, Kepala Balai Wilayah Sungai Sulawesi I Ir Bastari M.Eng, Jajaran Pemerintah Kabupaten Minahasa dan Perwakilan dari instansi terkait. Kegiatan ini dilaksanakan dengan Menggunakan Protokol Kesehatan Covid-19. (fis)