Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
MinahasaPemerintahan

Dewan Smart City Minahasa Terbentuk

×

Dewan Smart City Minahasa Terbentuk

Sebarkan artikel ini

minahasamanadoterkini.com, MINAHASA – Dewan Smart City Kabupaten Minahasa resmi terbentuk. Hal itu seiring pengukuhan Dewan Smart City yang dilakukan Bupati Dr Ir Royke O Roring melalui Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setdakab Minahasa Ir Wenny Talumewo pada Senin (28/06/2021) siang tadi di pendopo Benteng Moraya Tondano.

Kegiatan tersebut diawali aporan Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Kabupaten Minahasa Agustivo Tumundo SE MSi Kemudian dilakukan Pengukuhan Dewan Smart City Minahasa oleh Wenny Talumewo. Pengukuhan tersebut didahului dengan pembacaan Surat Keputusan Bupati Minahasa Nomor 327 Tahun 2021 tentang Dewan Smart City Minahasa oleh Sekretaris Dinas Kominfo Minahasa Anneke Rantung SE.

Dalam sambutannya, Bupati Minahasa yang disampaikan Wenny Talumewo menyampaikan ungkapan syukur atas capaian Kabupaten Minahasa khususnya dalam pengembangan smart city.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Minahasa, saya bersama Wakil Bupati Dr (HC) Robby Dondokambey SSi menyambut baik disertai rasa bangga, dimana Kabupaten Minahasa terpilih menjadi salah satu dari 48 Kabupaten/Kota di Indonesia, dalam program gerakan menuju kota cerdas smart city Tahun 2021 ini, berdasarkan hasil seleksi asesmen yang telah dilaksanakan bulan September tahun 2020 lalu,” ujar Talumewo.

Lanjutnya, sebagai tindak lanjut dari penandatanganan nota kesepakatan antara pemerintah Kabupaten Minahasa dan Kementerian Kominfo RI, tentang implementasi gerakan menuju kota cerdas smart city tahun 2021, hari ini dilaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) penyusunan masterplan kota cerdas. Kegiatan tersebut nantinya akan dilaksanakan sebanyak empat tahap.

“Program ini akan menekankan pada enam pilar utama smart city. Yaitu smart governance, smart branding, smart economi, smart living, smart society dan smart environment,” jelasnya.

Dirinya berharap para peserta yang mengikuti Bimbingan Teknis ini selama dua hari, dapat mengikuti dengan sebaik-baiknya. “Kiranya melalui kegiatan ini dapat mewujudkan Minahasa yang maju dalam ekonomi dan budaya, berdaulat, adil dan sejahtera,” pungkas Talumewo.

Turut memberikan sambutan, mewakili Direktur Layanan Aplikasi Pemerintahan Kementerian Kominfo RI Sri Burhana Rahmawati dan mewakili Tim Pembimbing dan tenaga ahli smart city yang hadir oleh Andrari Grahitandaru MSc.

Setelah acara pembukaan, kegiatan dilanjutkan dengan pemberian materi Bimtek kepada peserta yang terdiri dari para Kepala Sub Bagian Perencanaan di OPD dan Kecamatan, yang dipandu oleh Kepala Bidang E-Government Dinas Kominfo Minahasa Gogen Ngantung SE.

Hadir dalam momentum tersebut yakni Direktur Layanan Aplikasi Informatika Pemerintahan Kementerian Kominfo RI yang diwakili Sri Burhana Rahmawati, Tim Pembimbing dan Tenaga Ahli Smart City Pusat masing-masing Andrari Grahitandaru MSc, Dr Eng Irwan Prasetyo MPM, Ir Lutfy Aziz Lubis MT dan Ir Tonny Hanif MSc, Asisten Bidang Administrasi Umum Setdakab Minahasa Dr Ir Christian Vicky Tanor MSi, para Staf Ahli, Kepala Badan, Kepala Dinas, Kepala Satuan, Direktur, Kepala Bagian, Camat dan Staf Khusus Bupati Bidang E-government. (fis)