Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Manado

Aset Pusat di Manado Capai Puluhan Miliar

×

Aset Pusat di Manado Capai Puluhan Miliar

Sebarkan artikel ini
manado
Kunjungan kementerian PU diterima Wawali Manado.(ist)

MANADO, (manadoterkini.com) – Ternyata asset pemerintah pusat yang ada di Kota Manado mencapai puluhan miliar. Ini terungkap saat kunjungan Kementerian PU diwakili Itjen Slamet Haryono ke Pemkot Manado, Selasa (3/2) kemarin.

Kedatangan Haryono ini untuk mengecek status aset yang bersumber dari APBN seperti pembangunan sistim drainase primer melalui satker pengembangan penyehatan lingkungan permukiman serta pembangunan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) dan jaringan perpipaan kawasan Boulevard kota Manado periode tahun 1994-2013.

Tidak hanya soal IPAL dan jaringan perpipaan di Boulevard, namun drainase, IPAL sambungan rumah, penataan trotoar di pusat kota, Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sumompo, aset itu belum diserahkan.

Menurut Haryono, kegiatan sistim drainase primer Kota Manado periode 2011-2014 sekitar Rp15,4 miliar. Sementara pembangunan IPAL dan jaringan perpipaan kawasan Boulevard periode tahun 1994-2013 sekitar Rp 60 miliar. Untuk itu dia berharap Pemkot Manado bisa menyertakan surat pernyataan kesediaan penyerahan aset yang tuntas.

“Kami minta kerjasama Pemkot Manado terkait status aset di manado yang bersumber dari APBN. Kami juga telah turun bersama unit pengawasan untuk melihat masalah aset temuan BPK sejak tahun 2014 ke bawah,” terangnya saat diterima Wawali Manado, Harley Mangindaan di ruang kerjanya.

Menurut Haryono, pihaknya juga telah meninjau asset pemerintah pusat di kabupaten dan kota di Sulut. Hal ini dilakukan karena, bisa berdampak pada anggaran yang bersumber dari APBN bisa terhenti. “Kami juga berharap untuk surat pernyataan kesediaan penyerahan asset bisa ada dalam waktu dekat ini,” ungkapnya.

Wawali sendiri menyampaikan, semua permintaan akan segera ditindaklanjuti. “Saat ini juga saya akan berkoordinasi dengan pihak terkait agar semua permintaan akan cepat diselesaikan,” janji Wawali kepada Haryono yang didampingi personil Dinas PU Pemprov Sulut. (tim)