Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Pemerintahan

Peringatan Hari Ulang Tahun Lansia Berlangsung Meriah

×

Peringatan Hari Ulang Tahun Lansia Berlangsung Meriah

Sebarkan artikel ini

sulutSULUT, (manadoterkini.com) – Wagub Djouhari Kansil dalam sambutannya pada acara puncak peringatan hari lanjut usia(lansia)tingkat Provinsi Sulut, di halaman Kantor Gubernur baru-baru ini. Saat ini para kaum lansia Sulut sudah memiliki Pergub No.25 Tahun 2015 Tentang pelayanan terpadu bagi lansia di provinsi Sulut.

Selain itu pemerintah dewasa ini telah menyiapkan posyandu lansia dibeberapa Puskesmas di Kabupaten/Kota tujuannya untuk mempermuda para opa dan oma berobat di Puskesmas. Pemprov juga sejak tahun lalu telah memberikan bantuan sosial kepada lansia se-Sulut, dan untuk tahun ini penerimaannya di laksanakan di kabupaten/kota sedangkan dananya bersumber dari Pemprov Sulut, ujar Kansil.

Saat ini Komda lansia Sulut telah memiliki satu unit Ambulans untuk pelayanan dan pemeriksaan kesehatan lansia,tambanya.

Kansil juga mengajak lansia dapat memanfaatkan pekarangan rumah juga telah untuk menaman apotik dan dapur hidup, agar lansia tetap segar dan produktif.

Puncak peringatan Hari Ulang Tahun Lanjut Usia tersebut dimeriakan juga dengan lomba Idol dan Peragaan pakaian daerah.Tak hanya itu,bagi lansia yang usia rumah tangganya mencapai tahun emas(50 tahun)menerimah piagam penghargaan,dan selain itu ada dua anggota lansia yang menerima bantuan kursi roda dari Wagub Sulut Dr Djouhari Kansil MPd yang juga selaku Ketua Umum Komisariat Daerah (Komda Lansia) Sulut.

Sementara terkait dengan Pilkada serentak di Tujuh kabupaten/kota dan Provinsi Tahun ini, Wagub mengajak opa dan oma kiranya dapat menjadi penyejuk dalam rumah tangga. Biar beda warna tapi tetap satu, tandas Kansil.

Kepala Bappeda Sulut Ir Roy O Roring MSi selaku Ketua Panitia mengatakan, Ulang Tahun Lansia kali ini diikuti 2 ribu peserta yang berasal dari15 Kabupaten/Kota se-Sulut. Sedangkan kegiatan yang dilaksanakan meliputi bhakti sosial (pemeriksaan dan pengobatan, pemberian kaca mata gratis), dan pemberian door price kepada lansia ber-usia 90 Tahun.

Sementara Kadis Kesehatan Sulut dr Grace L Punuh MKes selaku Sekretaris panitia menyebutkan, kegiatan ini turut dimeriahkan tarian masamper dari Kelurahan Teling Manado, Maengket lansia orsos matuari Kota Tomohon, PS Lansia Debora Kabupaten Minahasa, dan PS Balai Penyantun Senja Cerah Paniki Kota Manado, serta tarian katrili dari Desa Paniki Satu. sembari menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam peringatan Hari Lansia Tahun ini. Turut hadir para Unsur Forkopimda Sulut serta pejabat teras pemprov. (alfa)