Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Bitung

Yaki Bitung Bakal Difilmkan Produser dari Irlandia

×

Yaki Bitung Bakal Difilmkan Produser dari Irlandia

Sebarkan artikel ini

 

bitungmanadoterkini.com, BITUNG – Walikota Bitung, Max Lomban bersama Ketua TP PKK Kota Bitung, Ny Khouni Lomban Rawung yang juga sebagai Duta Yaki Kota Bitung menerima kunjungan produsen film dokumenter dari Negara Irlandia di Rumah Jabatan Walikota Bitung, Selasa (30/05/2017).

Tim produser film itu terdiri dari Sandra Molloy (Registrar/Research and Conservation Coordinator – Dublin Zoo Irlandia), John Higgins (Producer Moondance Production), Darragh Mc Carthy (Camera man).

John menyampaikan, maksud kedatangan mereka yaitu untuk membuat film dokumenter tentang konservasi Yaki panta merah di daerah Cagar Alam Tangkoko.

Tujuan dari pembuatan film itu kata dia, adalah mendokumentasikan keberadaan Yaki di alam, apa yang masyarakat lakukan berkaitan dengan Yaki, membagi informasi kepada dunia luar dan menjadi sarana pendidikan tentang keberlangsungan species Macaca nigra.

“Setelah melewati proses produksi diantaranya perekamanan, editing, rencana dari tim adalah menayangkan film dokument tersebut pada tahun depan,” kata John.

Walikota bersama isteri langsung merespon apa yang di katakan oleh John tersebut dengan penuh rasa antusias yang tinggi.

“Kami sebagai Duta Yaki Kota Bitung siap memberikan bantuan dan dukungan dalam proyek ini, karena dengan adanya proyek ini dapat membuka mata dunia tentang pentingnya kelestarian Yaki dan keindahan lain Kota Bitung,” kata Khouni.

Walikota juga menitipkan pesan bahwa pembuatan film tersebut setidaknya menyebutkan keberadaan hutan Tangkoko secara geografis sebagai bagian dari Kota Bitung, sehingga Kota Bitung pun turut dikenal masyarakat dunia.(*/refly)