Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Liputan KhususManado

Manado Sukses Tuan Rumah HARGANAS Ke-25

×

Manado Sukses Tuan Rumah HARGANAS Ke-25

Sebarkan artikel ini

Mariah, Harganas ke-25 di Manado

HARI Keluarga Nasional (Harganas) ke-25 tahun 2018 di Kota Manado, dihadiri Menteri Koordinator (Menko) Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani mewakili Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, di kawasan Megamas Manado, Kecamatan Wenang, Sabtu (07/07/2018) pagi hingga siang tadi.

manado

Acara yang berlangsung meriah dan dihadiri sejumlah Gubernur, Walikota maupun Bupati serta perwakilan keluarga se-Indonesia itu, dihadiri pula Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Prof DR Yohana Susana Yembise Dip.Apling MA dan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dr Sigit Priohutomo.

Menko Puan Maharani : Terima Kasih Gubernur Sulut dan Walikota Manado

MENKO Puan Maharani yang melakukan interaksi dengan berbagai kelompok program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK), menyampaikan terima kasih kepada Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey SE dan Walikota Manado DR Ir GS Vicky Lumentut SH MSi DEA yang telah menjadi tuan rumah pelaksanaan Harganas ke-25 tahun 2018.

manado

“Saya menyampaikan terima kasih banyak kepada Gubenur Sulawesi Utara dan Walikota Manado yang telah bekerja keras, sehingga pelaksanaan Hari Keluarga Nasional ke-25 di Kota Manado bisa berjalan dengan baik, lancar dan meriah,” ujar Menko Puan.

Terkait tema Hari Keluarga, Hari Kita Semua, Menko Puan menegaskan pentingnya membangun interaksi antar anggota keluarga. “Keluarga merupakan bagian yang tak terpisahkan dari diri kita, karena seluruh cinta dan kasih sayang yang kita miliki berasal dari keluarga. Oleh karena itu, sangat penting untuk meningkatkan kegiatan interaksi di lingkungan keluarga sehingga hubungan di antara anak dan orangtua bisa semakin erat,” tandas cucu Presiden pertama RI Soekarno itu.

manado

Lanjut dikatakan Puan, rangkaian acara yang digelar pada peringatan Harganas ke-25 di Kota Manado kali ini lebih banyak menekankan pada kegiatan interaksi antara pemangku kepentingan dengan masyarakat.

“Kegiatan ini bukan hanya acara seremonial yang kemudian merenggangkan atau kemudian tidak membuat kehangatan silaturahmi di antara kita. Dan saya rasa Harganas di Kota Manado ini, sangat fenomenal, karena dilaksanakan didalam ruangan namun dialam terbuka dengan pemandangan luar biasa yang spektakuler dan indah,” ujarnya. (*)

Menko Puan Ingatkan Bonus Demografi

TERKAIT pembangunan manusia dan pembangunan keluarga, Menko Puan mengatakan pemerintah berupaya memperkuat interaksi dengan meningkatkan sinergitas dan koordinasi antar kementerian dan lintas badan.harganas1

“Bonus demografi perlu diantisipasi dengan memperhatikan pembangunan tiga generasi. Pembangunan tiga generasi ini membutuhkan sinergi, bagaimana kemudian anak, cucu, orangtua, yang sampai saat ini di Indonesia itu masih banyak yang menetap satu atap. Karenanya, tidak mungkin komunikasi ini tidak berjalan antara cucu dengan kakek-neneknya. Begitu juga antara anak dengan orangtuanya. Ini yang paling penting,” tandasnya.

Dirinya ikut prihatin dengan adanya kerenggangan hubungan antara orang tua dengan anak dalam keluarga karena perkembangan teknologi. “Jadi, gadget enggak mungkin kita larang, karena itu memang sudah menjadi suatu kebutuhan di era globalisasi ini. Cuma pemakaiannya, kebutuhannya, dan bagaimana pemanfaatannya itu yang harus selalu kita waspadai,”tegas Menko Puan.(*)

BKKBN Pusat Apresiasi OD dan GSVL

BKKBN Pusat menyerahkan penghargaan kepada Gubernur Sulut Olly Dondokambey dan Walikota Manado Vicky Lumentut sebagai penyelenggara Harganas ke-25 tahun 2018.

“Saya juga atas nama pemerintah dan masyarakat Kota Manado tentunya juga berterima kasih kepada pemerintah pusat, Pak Presiden Joko Widodo melalui Menteri Koordinator Pemberdayaan Masyarakat dan Kebudayaan Ibu Puan Maharani, yang telah berkenan hadir serta memberikan banyak masukan bagi peningkatan hidup keluarga sebagai bagian terkecil diri bangsa Indonesia ini,” ujar Walikota Vicky Lumentut.

harganas 4

Orang nomor satu di Manado itu juga menyampaikan terima kasih kepada masyarakat Kota Manado, yang telah berperan aktif menciptakan kondisi Kota Manado yang aman, bersih dan rukun selama pelaksanaan Harganas ke-25 tahun 2018.

“Terima kasih saya kepada masyarakatku di Kota Manado yang telah bersama-sama membuktikan bahwa Manado kota paling toleran di Indonesia dengan menjaga tetap kondusif, aman, bersih dan rukun selama tamu-tamu kita berada di Manado dalam rangka Harganas ke-25 tahun 2018, tetapi juga ada tamu-tamu kita dari 10 negara yang ikut Kejuaraan Tinju Internasional Kapolri Cup kedua. Sekali lagi terima kasih untuk masyarakat Kota Manado,” terang Walikota Vicky Lumentut, didampingi Wakil Walikota Mor Dominus Bastiaan, Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kota Manado Imelda Bastiaan Markus serta Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah Kota Manado Drs Rum Usulu.(*)

 

Walikota Vicky Lumentut Terima Penghargaan Satya Lencana Pembangunan

KEBERHASILAN Pemerintah Kota (Pemkot} Manado dibawa kepemimpinan Walikota DR Ir GS Vicky Lumentut SH MSi DEA dan Wakil Walikota Mor Dominus Bastiaan SE dalam program pembangunan dibidang kependudukan dan Keluarga Berencana (KB) mendapat apresiasi dari pemerintah pusat.

manado
Menko Puan Maharani menyematkan Satya Lencana Pembangunan kepada Wali Kota GS Vicky Lumentut

Olehnya, bertepatan dengan rangkaian pelaksanaan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-25 yang dipusatkan di Kota Manado, Walikota Vicky Lumentut menerima penghargaan Satya Lencana Pembangunan dibidang Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK).

Penghargaan itu diserahkan Menteri Koordinator (Menko) Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani mewakili Presiden Joko Widodo, dalam acara Temu Prestasi KKBPK yang diselenggarakan Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Pusat, di Graha Gubernuran Bumi Beringin, Kecamatan Wenang, Jumat (06/07) malam.

GSVL Dinilai Berhasil Dalam Bidang Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga

PENGHARGAAN Lencana Pembangunan karena dinilai berhasil membangun kualitas hidup masyarakat dengan menyukseskan program Kependudukan dan Keluarga Berencana melalui pembentukan kelembagaan Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, APBD peningkatan pembentukan Kampung KB dan PIK Remaja, pembangunan Rumah Pintar, bedah rumah sehat, pemberian beasiswa kepada mahasiswa, dan pelayanan kesehatan gratis sehingga menurunnya jumlah keluarga miskin mencapai TFR 2.7 persen di Kota Manado.

manado

Penyerahan penghargaan Satya Lencana Pembangunan kepada Walikota Vicky Lumentut karena dinilai program KKBPK di Kota Manado berjalan dengan baik. Apalagi, program KKBPK ini merupakan salah satu bukti konsentrasi pemerintah dalam pembangunan yang dipengaruhi oleh kuantitas dan kualitas penduduk. Hal ini sejalan dengan Undang-Undang (UU) Nomor 52 tahun 2009 tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga, sehingga BKKBN sebagai Lembaga Non Kementerian diberikan tugas untuk menyelenggarakan urusan di bidang Pengendalian Penduduk dan Pembangunan Keluarga. Salah satu sumber kesuksesan program KKBPK di Kota Manado yakni adanya Penyuluh KB, Petugas Lapangan KB dan para Tenaga Penggerak Kelurahan.

manado

“Selaku Walikota Manado tentunya saya bersyukur mendapatkan penghargaan Satya Lencana Pembangunan dari Presiden Republik Indonesia yang diserahkan Ibu Menko PMK Puan Maharani. Tentunya, penghargaan ini merupakan bukti kerja keras dan kerja Cerdas serta keseriusan kita bersama, baik pemerintah dan masyarakat di Kota Manado khususnya dalam program pembangunan di bidang kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga. Sekali lagi, terima kasih untuk dukungan masyarakat dan semua stakeholder di Kota Manado,” ujar Walikota Vicky Lumentut yang turut didampingi istri tercinta Prof DR Julyeta Runtuwene yang juga Ketua Tim Penggerak PKK Kota Manado.

PUAN : Program KKBPK, Sebagai Program Dasar Pembangunan

MENKO PMK Puan Maharani mengatakan program KKBPK sebagai program dasar pembangunan yang berbasis Keluarga, menjadikan Keluarga sebagai sasaran utama.

manado

“Keluarga merupakan unit terkecil dalam masyarakat yang dibentuk berdasarkan atas perkawinan yang sah, mampu memenuhi kebutuhan hidup yang layak, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, memiliki hubungan yang serasi, selaras dan seimbang antar anggota dan antara keluarga dengan masyarakat dan lingkungannya,” tandas Menko Puan.

Salah satu syarat yang harus dikembangkan dalam keluarga untuk menjadi bahagia dan sejahtera adalah setiap keluarga harus mampu menghayati, memiliki dan berperan sesuai fungsi keluarga agar menjadi keluarga berkualitas. Selain Walikota Vicky Lumentut, penghargaan juga diberikan kepada sejumlah kepala daerah Gubernur, Walikota dan Bupati yang diundang dalam Harganas ke-25 di Kota Manado ini.

manado

Acara yang berlangsung penuh kekeluargaan tersebut, dihadiri pula Menteri Pemberdayan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yembise, Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE, Pelaksana Tugas Kepala BKKBN Pusat dr Sigit Priohutomo, Ketua Tim Penggerak PKK Pusat Erni Guntarti Tjahjo Kumolo, Kepala BKKBN Provinsi Sulut Dra Theodora Pandjaitan MSc serta sejumlah pejabat lainnya.(liputankhusus)