Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Berita PilihanManado

Demo Damai GMKI Manado di DPRD Berujung Ricuh

×

Demo Damai GMKI Manado di DPRD Berujung Ricuh

Sebarkan artikel ini

aksi demomanadoterkini.com, MANADO – Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Cabang Kota Manado melakukan aksi demonstrasi damai di kantor DPRD Kota Manado. Kedatangan pengunjuk ras oa dipimpin ketua BPC GMKI Manado dr. Hizkia R. Sembel.

aksi demoKedatangan puluhan massa ini menyampaikan beberapa poin tuntutan kepada legislator Manado. Hizkia mengatakan bahaya peredarab narkoba patut menjadi perhatian legislator. Tapi sangat disayangkan sampai saat ini salah satu anggota DPRD Manado tidak mendapatkan sanksi baik dari pimpinan fraksi maupun pimpinan DPRD.

“Negara ini sudah darurat narkoba. Kota Manado adalah salah satu daerah yang sangat memprihatinkan dengan berbagai kasus narkoba yang pengguna dan penyimpannya bukan hanya rakyat saja, tapi melibatkan pejabat,” koar Hizkia Rabu, (1/6/2016).

aksi demoIa menegaskan anggota dewan merupakan publik figure dan teladan bagi masyarakat. Sudah 2 bulan sejak ada oknum anggota dewan Manado kedapatan menggunakan dan menyimpan narkoba masih berkantor dan menghadiri acara resmi seperti pelantikan Walikota dan Wakil Walikota Manado. “Ini sangat disayangkan. Karena itu kami meminta pimpinan DPRD dan Pimpinan Fraksi memberikan sanksi tegas serta secepatnya membentuk Badan Kehormatan,” jelas Hizkia.

Anggota DPRD Kota Manado Sonny Lela mengatakan akan menampung aspirasi pendemo kepada pimpinan DPRD. “Terima kasih, kami menyambut baik kedatangan pendemo. Aspirasi ini akan kami sampaikan ke pimpinan DPRD,” kata Politisi Golkar ini.

Tapi aksi damai ini berujung anarkis akibat pemukulan terhadap beberapa anggota GMKI. Diduga aparat kepolisian yang seharusnya menjadi pengayom dan pelindung memukul beberapa peserta demo yang mengakibatkan beberapa diantaranya harus dibawah ke RS dan sekitar 5 pendemo diamankan. (chris)

Adapun sejumlah tuntutan dari GMKI Cabang Manado yakni:

1. Mengecam tindakan pimpinan fraksi dan pimpinan dewan Manado yang melakukan pembiaran terhadap anggota dewan yang terbukti mengunakan dan menyimpan narkoba.

2. Mengecam DPRD Manado yang sudah tahun sebagai wakil rakyat namun tidak memiliki Badan Kehormata.

3. Mendesak pimpinan fraksi dan pimpinan dewan agar memberikan sanksi terhadap anggota dewan berinisial CL

4. Mendesak dewan membentuk Badan Kehormatan

5. Apabila tidak diindahkan maka kami akan kembali melaksanakan dengan massa yang lebih banyak dan mengajak cabang GMKI se-tanah air untuk mengadvokasi permasalahan ini.