Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Bitung

Polres Bitung Endapkan Kasus Korupsi?

×

Polres Bitung Endapkan Kasus Korupsi?

Sebarkan artikel ini
garda tipikor
Refly Ombong – Ketua Garda Tipikor Indonesia (GTI) Bitung

manadoterkini.com, BITUNG – Saat ini Polres Bitung tengah mengusut sejumlah kasus dugaan korupsi. Akan tetapi, penanganan terkesan lamban karena sampai detik ini belum ada perkembangan berarti. Alhasil, muncul penilaian institusi tersebut sengaja mengendapkan penanganan kasus.

“Tidak berlebihan kalau Polres Bitung dianggap mengendapkan penanganan kasus korupsi. Buktinya sampai sekarang tidak ada kejelasan soal perkembangan beberapa kasus”, tukas Refly Ombong selaku Ketua Garda Tipikor Indonesia (GTI) Bitung, Rabu (15/06)‎.

Dia pun mencontohkan beberapa kasus yang perkembangannya tidak jelas. Selain dugaan korupsi pengadaan sawmill di Terminal Kayu Sagerat, terkini ada kasus pengadaan dua buah kapal penangkap ikan di Dinas Kelautan dan Perikanan Bitung.

“Malah untuk pengadaan sawmill sudah sangat lama. Bayangkan diusut dari tahun 2012 lalu, sampai sekarang belum selesai”, ketusnya.

Refly sendiri punya saran kepada Polres Bitung. Menurut dia, kalau memang kesulitan membongkar kasus, ada baiknya institusi itu meminta supervisi dari Polda Sulut.

“Malah kalau perlu, biar Polda Sulut ambil alih penanganannya. Di sana penyidiknya lebih banyak, jadi bisa lebih leluasa menangani kasus”, tuturnya seraya menambahkan, GTI akan terus memonitor penanganan kasus korupsi di Polres Bitung.

Sayangnya terkait hal ini, pihak yang berkompeten di Polres Bitung belum bisa dimintai tanggapan. Upaya konfirmasi yang ditujukan ke Kasat Reskrim AKP Coustantein Samuri, tak membuahkan hasil. Ponselnya tidak aktif saat dihubungi semalam,‎
Hanya saja sebelumnya Samuri pernah menyampaikan komitmennya. Ia menjamin pihaknya profesional mengusut kasus dugaan korupsi.

“Kita sangat serius menangani kasus korupsi. Cuma memang penanganan membutuhkan waktu lama karena kasus seperti ini tidak mudah” ucapnya beberapa waktu lalu. (Redaksi)‎