Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Bitung

Walikota Bitung Terima Penghargaan Dari PMI Pusat

×

Walikota Bitung Terima Penghargaan Dari PMI Pusat

Sebarkan artikel ini

manadomanadoterkini.com, BITUNG – Walikota Bitung Maximiliaan J Lomban, SE MSI pada Minggu (17/09) menerima penghargaan dari Palang Merah Indonesia (PMI) Pusat sebagai Pembina dan Penggerak program Pemberdayaan Masyarakat Tangguh Bencana dan Pengelolaan Risiko Terpadu Berbasis Masyarakat.

Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Ginandjar Kartasasmita selaku Pelaksana Harian Ketua Umum PMI saat Lomban menghadiri HUT PMI ke -72 sekaligus‎ Temu Nasional Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (SIBAT) ke-2 yang di gelar di Taman Wisata Gunung Pancar, Desa Karangtengah, Kecamatan Babakanmadang, Kabupaten Bogor.

“Saya berterima kasih kepada Pengurus Pusat Palang Merah Indonesia atas penghargaan ini, apa yang kita kerjakan selama ini ternyata diperhatikan oleh PMI Pusat, kita bukan mengerjakan ini dalam rangka mengejar penghargaan tetapi ini adalah komitmen untuk meningkatkan pemberdayaan masyarakat untuk tangguh menghadapi bencana,” ujar Lomban‎.

Menurut Lomban dengan meningkatnya kapasitas masyarakat yang peduli terhadap bencana, maka akan mengurangi resiko bencana yang akan terjadi.

“Untuk kota Bitung sendiri telah diterapkan Rencana Pengurangan Resiko (Risk Reduce Plan) yang disusun secara partisipatif oleh anggota Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (SIBAT) yang terus bersinergi dengan masyarakat setempat,” katanya‎.

Lanjut Lomban bahwa hal ini menjadi perhatian tersendiri bagi Pemkot Bitung dalam mengembangkan proses pembangunan berbasiskan pengurangan resiko yang disesuaikan dengan amanat Undang Undang penanggulangan bencana.‎

Lomban juga mengapresiasi kerja keras PMI Kota Bitung dibawah pimpinan Ketua Dra Khouni Lomban – Rawung, MSi yang penuh semangat dan antusias serta terus berpartisipasi aktif dalam setiap kegiatan kemanusiaan baik di dalam maupun diluar daerah.

Diketahui dari 500-an kepala daerah se-Indonesia, hanya 27 bupati/walikota yang berhasil mendapatkan kepercayaan dari PMI pusat untuk menerima penghargaan.‎

“Ini merupakan suatu kebanggan kota Bitung satu diantara Kabupaten/kota yang berhasil meraih prestasi tersebut,” tandasnya‎.(refly)