Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Minahasa Selatan

Pilhut 63 Desa di Minsel Digelar Serentak

×

Pilhut 63 Desa di Minsel Digelar Serentak

Sebarkan artikel ini
minsel
Efer Poluakan

manadoterkini.com, AMURANG – Pemilihan Hukum tua (Kumtua) serentak di Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) akan digelar tahun ini. Penyelenggaraan bakal dilaksanakan di 63 desa. Demikian diungkapkan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Drs Efert Poluakan.

Dia mengatakan bahwa, Pilhut serentak direncanakan digelar Oktober. Namun pihaknya menunggu perubahan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Desa. “Iya, itu tergantung pada perubahan Ranperda,” katanya.

Soal Anggaran menurut Poluakan mengatakan telah dianggarkan pada APBD. “Itu sudah tertata pada APBD Minsel 2018,” tandasnya.

Sementara itu, Bupati Christiany Eugenia Paruntu SE menyebutkan, pelaksanaannya harus berkualitas. Serta tanpa menggunakan praktik politik uang. “Pola pikir jika Pilhut itu menggunakan politik uang harus dihilangkan. Pelaksanaannya harus benar-benar berkualitas. Sehingga melahirkan pemimpin yang berkualitas,” tegasnya.

Dia pun memerintahkan seluruh instansi teknis dapat mewujudkan pesta demokrasi tingkat desa itu lebih profesional. “Akan saya kawal penyelenggaraannya. Supaya tidak ada oknum calon yang menggunakan politik uang,” tandasnya.(dav)