Hadirkan BPKP, Dinas PMD Gelar Bimtek Pengelolaan Bumdes

Hadirkan BPKP, Dinas PMD Gelar Bimtek Pengelolaan Bumdes

mitramanadoterkini.com, MITRA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Tenggara (Mitra) lewat Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD), bekerja sama dengan Badan Pemeriksaan Keuangan Propinsi (BPKP) mengelar Bimbingan Teknis (Bimtek), membahas tentang tatacara pengelolahan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Rabu (24/11), bertempat di gedung sport hall.

Menurut Kepala Dinas PMD Arnold Mokosolang, Bimtek yang digelar merupakan agenda dinas dalam meningkatkan minat masyarakat desa dalam pemanfaatan Bumdes sebagai badan usaha.

“Kegiatan ini sebagai langka pemerintah, untuk membimbing masyarakat dalam peningkatan pemanfaatan bumdes, disini masyarakat dilatih tetang tata kelola bumdes, yang harapanya hal ini akan meningkatkan perekonomian masyarakat desa,” tutur Mokosolang.

mitraDijelaskan Mokosolang, kegiatan yang diwakili operator desa, nantinya aaka mengimplementasikan dimasyarakat tetang kegiatan ini, karena untuk kabupaten Mitra, dari jumlah desa 135 yang artinya ada 135 bumdes hanya 90 yang aktif mengelolah Bumdes dan 45 masih tanda tanya.

“Dalam aturan, dana desa bisa dioptimalkan dalam pengelolaan Bumdes, jelas saja pemerintah dapat terus melakukan penambahan pinjaman pengelolaan bumdes apabilan sistem perputaran kas desa berjalan baik. Saat ini masyarakat lebih memili menjadi perangkat dari pada mengelolah bumdes,” jelasnya.

Mokosolang juga menyatakan Bimtek yang dilaksamakan, dengan menghadirkan narasumber dari BPKP akan menambah pengetahuan lebih untuk para peserta Bimtek dalam aturan pengelolaan Bumdes.

“BPKP adalah pihak yang berkompeten dalam bidang ini, sehingga kedepan harapan kami masyarakat dapat mengelolah bumdes sesuai aturan yang ada,” pungkasnya.(win)

Anda mungkin juga berminat
Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.