Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Berita PilihanManadoPemerintahan

SHS dan GSVL Renungi Peristiwa Banjir Bandang Manado

×

SHS dan GSVL Renungi Peristiwa Banjir Bandang Manado

Sebarkan artikel ini

Hadiri Apel Kesiapsiagaan Bencana Digagas PMI Sulut di Kampung Merdeka Dendengan Dalam

manado
SHS dan GSVL merenungkan peristiwa banjir bandang Manado 2014 lalu.(ist)

MANADO, (manadoterkini.com) – 15 Januari 2014 silam banjir bandang memporak-porandakan Kota Manado, yang membuat ribuan warga kehilangan tempat tinggal hingga kini masih terngiang di ingatan masyarakat. Tak ayal, Kamis (15/1) sekitar Pukul 10.00 WITA, Gubernur Sulut Dr SH Sarundajang (SHS) dan Walikota GS Vicky Lumentut (GSVL) mengenang setahun peristiwa memiriskan tersebut menjadi perenungan bagi semua warga Manado dan Sulawesi Utara.

Untuk mengenang kembali peristiwa alam yang bukan hanya kehilangan harta benda tapi korban jiwa, SHS dan GSVL menghadiri apel kesiapsiagaan bencana alam yang digagas Palang Merah Indonesia (PMI) Sulut di Kampung Merdeka, Kelurahan Dendengan Dalam.

Paristiwa tersebut seakan menjadi moment bagi keduanya sebagai sosok Guru dan Murid kembali akrab dengan disaksikan ribuan pasang mata yang memadati lokasi acara tersebut. Meski disatu sisi saat ini cuaca ekstrim masih terus mengintai wilayah Sulawesi Utara, termasuk di dalamnya Kota Manado.

manado
Suasana Apel Kesiapsiagaan bencana yang digagas PMI Sulut.(ist)

SHS yang mengingatkan warga pentingnya menjaga kelestarian lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan. “Mari kita sama-sama merenungi teguran Yang Maha Kuasa Tuhan atas cobaan bencana alam banjir bandang dan tanah Longsor 15 Januari 2014 lalu,” kata SHS.

manado
Momentum ini menjadi idaman banyak warga Manado dan Sulut pada umumnya.(ist)

GSVL terlihat antusius menghibur warganya dengan mengingatkan kembali peristiwa 15 Januari lalu. GSVL sendiri mengakui, apa yang dikatakan Guberbur SHS menyadarkan semua warga Kota Manado akan pentingnya menjaga lingkungan yang merupakan penyebab terjadi bencana Manado.

“Mata dunia tertuju ke Manado, Sulut umumnya dengan peristiwa banjir bandang dan tanah longsor setahun silam. Untuk itu saya mengucapkan banyak terima kasih kepada para Donatur yang telah menyalurkan bantuan tenaga maupun dana, baik pihak luar daerah hingga aksi Mapalus kemanusiaan dari seluruh elemen masyarakat se Sulawesi Utara,” ungkap GSVL dalam kegiatan tersebut yang turut dihadiri Wagub Sulut Djouhari Kansil, Wawali Manado, Harley Mangindaan, Sekkot Haerfrey Sendoh, Ketua PMI Sulut James Karinda dan Ketua PMI Manado, Julyeta PA Lumentut-Runtuwene. (ald)