Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Berita PilihanManado

Canangkan Hari Anti DBD, Warga Diimbau Jaga Kebersihan

×

Canangkan Hari Anti DBD, Warga Diimbau Jaga Kebersihan

Sebarkan artikel ini
amurang
Bentuk perhatian Walikota terhadap kesehatan masyarakat dengan membagikan kartu sehat

MANADO, (manadoterkini.com) — Virus Demam Berdarah Dengue (DBD) telah merajalela di Kota Manado. Bahkan di kota Manado sudah ada yang meninggal dan puluhan warga kini dirawat di rumah sakit. Menindaklanjuti hal itu Walikota GS Vicky Lumentut, mencanangkan Hari Anti Demam Berdarah (DBD) di Taman Berkat, Kamis (29/1) tadi malam.

Walikota tidak tinggal diam, langsung memerintahkan Dinas Kesehatan segera melakukan Fogging atau penyemprotan untuk membasmi nyamuk aedes albopictus. Bahkan, Walikota menegaskan akan mengadakan peralatan fogging yang canggih. “Warga diimbau untuk menjaga kebersihan lingkungan baik di rumah, sekolah dan dimanapun saja, agar terhindari penyakit tersebut,” tandas Walikota.

Hal itu dibenarkan Kadis Kesehatan dr Robby Mottoh saat mengatakan perintah dari Walikota GS Vicky Lumentut langsung dilaksanakan oleh pihaknya. “ Kami telah melakukan fogging di wilayah-wilayah Kota Manado agar korban penyakit DBD tidak bertambah, di bulan Januari ini telah 64 lokasi yang telah mereka lakukan penyemprotan untuk membasmi nyamuk penyebab DBD,” katanya.

Lanjut Mottoh, pihaknya tak hanya melakukan fogging bahkan langsung mensosialisasikan kepada masyarakat untuk mencegah nyamuk aedes albopictus berkembang biak. Agar masyarakat Menguras, Menutup dengan rapat , tempat-tempat penampungan air, dan menabur bubuk abate atau altosid serta mengubur barang-barang bekas yang bisa menampung air.

“Selain fogging, kami juga langsung sosialisasikan kepada masyarakat tentang bagaimana mencegah agar nyamuk aedes albopictus tidak berkembang biak, dengan melakukan gerakan, Menguras, Menutup tempat penampung air dan Mengubur (3M) tempat yang bisa menampung air,”pungkas Motto. (ald)